Eksposisi, Jakarta –  Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia (PB Parfi) 56, Marcella Zalianty mendorong pemerintah agar kartu pra kerja bukan hanya untuk artis sinetron atau film yang berkontrak, tapi juga kepada pekerja seni lainnya  yang  bersifat kontrak harian seperti kru film, pekerja panggung, dan bidang seni lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Marcella menanggapi akan diberikannya kartu prakerja kepada artis, pemain film/sinetron. “Kita semua saat ini sangat membutuhkan bantuan pemerintah melalui lembaga lembaga terkait. Tapi kami juga mengimbau pada kru film d pekerja seni lainnya yang penghasilannya hilang sama sekali juga diberikan kartu prakerja, ” ujar Marcella.

Terkait pelaku industri perfilman lainnya seperti  produser, pemilik bioskop, Marcella  juga menyampaikan gagasan agar  mulai dipikirkan untuk memberikan stimulus. “Agar setelah pandemi  covid berlalu mereka bisa bangkit kembali.  Bentuknya  berupa  dukungan pemerintah dalam hal promosi dan lain sebagainya yang bersifat kebijakan ekonomi. Karena  kalau pelaku industri ini tidak bisa survive otomatis lapangan kerja untuk bidang film akan terganggu.  Ingat dalam satu Produksi film  saja bis 100-300 kru  terlibat termasukk aktor dan pekerja kreatif lainnya, ” beber Marcella

Selain menunggu uluran tangan pemerintah dalam menghadapi efek dari pandemi cofid 19 ini, Marcella bersama para aktor lainnya seperti Reza Rahadian, lukman Sardi, Dennis Adhiswara, Prilly Latuconsina, dan jajaran pengurus PB Parfi juga mengumpulkan donasi yang akan diberikan kepada pekerja seni terdampak pandemi corona

Donasi akan dibelikan sembako, vitamin dan masker lewat program “dari kita untuk kita”. Selain melalui jalur organisasi,  Marcella dan kawan kawan aktor yang perduli pada pekerja seni lainnya yang kehilangan penghasilan akibat pandemi cofid juga mengumpulkan dana melalui situs Kitabisa.com.

“Pokoknya kita bahu membahu menghadapi dampak wabah virus corona ini. Semoga kita bisa melewati semua ini jika kita ikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja dan selalu jaga kesehatan, ” pungkas Marcella.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here