31.7 C
Jakarta
Minggu, 25 Agustus 2019
Beranda Ekonomi Bursa Patok Yuan, Paman Sam Meradang

Patok Yuan, Paman Sam Meradang

0
Patok Yuan, Paman Sam Meradang

Eksposisi – Mata uang dolar diperdagangkan melemah terhadap yen setelah bursa Jepang dibuka turun hari ini (7/8) ditengah-tengah kecemasan pelaku pasar terhadap perkembangan situasi perang dagang antara AS dan China.

Sebagai efek dari perang dagang, bank sentral China rencananya akan melakukan intervensi dengan menetapkan nilai tukar yuan di Rabu ini agar stabil. Dalam situasi tak menentu, pelaku pasar cenderung beralih ke aset aman seperti yen dan pelemahan yuan akan semakin cepat karena sampai detik ini belum ada solusi dari perselisihan dagang AS-China yang sempat kembali memanas setelah Washington melabeli China sebagai manipulator mata uang.

Analis memperkirakan dolar dapat melonjak capai 7,35 terhadap yuan diakhir tahun ini dan tentu saja tidak disukai oleh pemerintahan AS. Sementara itu, dolar diperkirakan turun pada kisaran 104-103 terhadap yen di akhir tahun.

Dolar terakhir kali diperdagangkan pada kisaran 106,16 yen jatuh 0,3%. Sementara yuan diperdagangkan hampir tidak berubah pada 7,0531 terhadap dolar setelah sebelumnya tembus 7,1397. Euro diperdagangkan pada level $1,1202. Kiwi terkoreksi di $0,6528.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here