Pada 2014, #88LOVELIFE hadir lewat POP, imprint yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Karya ini dengan cepatnya menjadi populer di dunia perbukuan tanah air.

Selanjutnya, cetakan hardcover pink neon dengan judul yang dicetak dalam tinta emas menjadi karya bersama dari Diana Rikasari, sang penulis, yang berkolaborasi dengan Dinda Puspitasari, sang ilustrator. Keduanya menciptakan tren, membuka jalan bagi banyak judul buku berilustrasi untuk dewasa lainnya untuk bisa rilis di penerbit besar.

#88LOVELIFE menjadi mega-bestseller tak hanya di Indonesia, tapi juga di Malaysia, dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Korea. Sampai 2017, Diana dan Dinda telah menerbitkan tiga volume #88LOVELIFE yang masing-masingnya bicara tentang tema berbeda—mimpi, passion, dan prioritas.

Kini, duet ini kembali dengan buku keempat yang diberi judul SELF-ACCEPTANCE BY #88LOVELIFE. Diana dan Dinda ikut tumbuh bersama buku mereka. Kali ini, keduanya menghadirkan sudut pandang yang baru dan segar dalam tulisan dan gaya visual yang mudah-mudahan bisa sampai ke hati para pembaca.

SELF-ACCEPTANCE BY #88LOVELIFE adalah buku pengembangan diri berdasarkan perjalanan pribadi penulis dalam menemukan kunci untuk mencintai hidup dan diri sendiri—yaitu dengan memahami konsep esensial berikut: masalah tiap orang berbeda-beda. Di dalam buku berilustrasi cantik ini, Diana berbagi cerita hidupnya dan bagaimana caranya mengatasi masalah lewat cara pikir yang jujur dan sederhana.

Diana menyatakan bahwa “Kalau buku-buku kami sebelumnya banyak bicara tentang mengejar mimpi, menjalani passion, dan memasang prioritas—pokoknya tentang usaha dan perjuangan, SELF-ACCEPTANCE BY #88LOVELIFE justru akan lebih mengajak pembaca untuk bersantai, menghadapi kegagalan, dan menerima keadaan diri ketika hidup tidak berjalan sesuai rencana. Ditambahkan olehnya bahwa terkadang kita terlalu keras terhadap diri sendiri sampai-sampai lupa bahwa enggak sempurna itu enggak apa-apa, ungkap Diana tentang tulisan terbarunya.

Dari segi visual, Dinda ingin menegaskan bahwa SELF-ACCEPTANCE BY #88LOVELIFE juga berusaha merangkum semua definisi cantik. “Pembaca kami kebanyakan perempuan, dan kami sering mendangar kalau mereka merasa tidak terwakili di buku-buku sebelumnya karena saya tidak terlalu banyak memasukkan ilustrasi yang menggambarkan keragaman kecantikan perempuan. SELF-ACCEPTANCE BY #88LOVELIFE kan juga mengajak kita untuk mencintai diri sendiri, jadi itu pula yang saya ingin sampaikan lewat gambar.”

SELF-ACCEPTANCE BY #88LOVELIFE akan beredar di toko buku mulai Oktober. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here