Pembelian Treasury 2019 oleh asing mencapai level terbesar dalam 7 (tujuh) tahun, data dari Departemen Keuangan AS menunjukkan pada Selasa, ketika investor Jepang dan zona euro mencari utang pemerintah AS yang memberikan yield lebih tinggi di dunia dengan suku bunga negatif.

Secara keseluruhan arus masuk asing ke dalam US Treasuries mencapai $ 6,696 triliun di bulan Desember, naik sekitar $ 425 miliar dari tahun sebelumnya. Itu adalah arus masuk asing terbesar sejak 2012.

Investor Jepang membeli $ 115 miliar di Treasury AS di 2019, sementara investor zona euro adalah pembeli bersih lebih dari $ 100 miliar, terhitung setengah dari pembelian asing tahun lalu.

Semua itu didorong oleh yield karena Jepang dan negara di zona euro adalah pembeli besar – dua wilayah dengan suku bunga negatif dan kebutuhan untuk menambahkan hasil pendapatan positif ke portofolio mereka.

Yield Treasury AS 10-tahun berakhir pada 2019 di 1,91%.

Jepang tetap menjadi pemegang obligasi non-AS terbesar di $ 1,154 triliun pada bulan Desember, dan telah melakukannya sejak Juni tahun lalu.

China adalah pemegang asing kedua terbesar dalam Treasury AS, dengan $ 1,069 triliun, kepemilikan terendah sejak Februari 2017. Kepemilikan Cina telah menurun selama enam bulan berturut-turut.

Untuk 2019, China menjual $ 54 miliar dalam bentuk US Treasury.

Analis mengatakan $ 54 miliar bukan jumlah yang besar, mengingat pada tahun 2016 China menjual sekitar $ 190 miliar dalam Treasury AS. Dibutuhkan untuk melakukan intervensi domestik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here