Pemilu AS pengaruhi pergerakan bursa regional

90
Pemilu AS pengaruhi pergerakan bursa regional
pic by americacgtn
Banner Top Article

Jelang pemilihan anggota DPR, bursa AS diperdagangkan sepi. Hal ini berdampak langsung ke perdagangan internasional termasuk Asia yang hari ini diperdagangkan bervariasi karena pelaku pasar cenderung menahan posisi.

Mayoritas bursa di Asia, seperti Jepang, Korsel dll mengalami kemerosotan meski sempat muncul sentimen positif setelah Wakil Presiden China menyatakan kesiapannya untuk berdiskusi dan mencari jalan keluar terkait dengan isu perdagangan dengan AS.

MSCI Indeks diperdagangkan menguat 0,4%, indeks Topix menguat 0,9%, indeks Kospi menguat 0,4% dan indeks Australia menguat 0,7%. Sementara Hang Seng terkoreksi.

Pada sesi perdagangan AS tadi malam, Berkshire Hathaway Inc. memimpin kenaikan indeks S&P setelah Warren Buffet menyatakan telah membeli kembali sahamnya di perusahaan tersebut. Sementara itu saham Apple Inc. dilaporkan tergelincir setelah muncul kabar perusahaan tersebut tidak akan meningkatkan produksi.

Saham Facebook dan Amazon kompak melemah dan akhirnya menyeret index Nasdaq.

Menelisik pemilu di AS, beberapa pendapat memperkirakan Demokrat akan kembali mengendalikan DPR meski kemungkinan kalah di pemilihan Senat. Perbedaan dominasi di Kongres tentu saja akan membuat pengambilan kebijakan berjalan alot.

Dari pasar komoditas, minyak West Texas diperdagangkan turun tipis menjadi $62,90 per barrel. Emas turun menjadi $1.230.63 per ounce.

Mata uang yen hari ini diperdagangkan melemah pada level 113,26 per dolar, yuan melemah menjadi 6,9204 per dolar. Euro naik menjadi $1,1408 dan poundsterling masih dalam tren positif ditopang ekspektasi lancarnya negosiasi Brexit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here