Eksposisi, Jakarta — Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) selama ini mempunyai kebijakan zero warga negara asing (WNA). Untuk itu para penghuni Gading Nias Residence meminta pihak imigrasi Jakarta Utara untuk melakukan pengawasan terhadap WNA. Seorang warga negara Nigeria terjatuh dari unit 9 LC Gading Nias Residence karena pindah ke unit sebelahnya.

Pihak P3SRS selama ini menolak WNA khususnya Afrika untuk tinggal di Kelapa Nias Residence kecuali yang sudah menikah dengan WNI, dan atau punya unit sendiri untuk tinggal di Gading Nias Residence per Februari 2020.

“Pengawasan yang lemah dari pihak pengelola, sehingga ada WNA yang bisa tinggal di Kelapa Nias Residence. Karena selama ini pengelola hanya memikirkan uang masuk dari pembayaran IPL tanpa ada pengawasan dan pendataan yang akurat,” kata L kepada awak media di Gading Nias Residence, Rabu (24/6/2020) malam.

Lebih lanjut, L menerangkan tahun 2018 hingga 2019 WNA merasa aman dan nyaman tinggal di Kelapa Nias Residence karena ditertibkan oleh RT/RW, terdata dan mempunyai Id Card. “Namun, pada tahun 2020, RT/RW tidak lagi diberi kewenangan oleh P3SRS, sehingga WNA utamnya Afrika berdatangan untuk mendapatkan tempat tinggal yang murah, aman dan nyaman,” terangnya.

Yang paling memprihatinkan seorang seorang WNA yang terjatuh dari unit 9 LC Gading Nias Residence sekitar pukul 14.30 WIB, sudah dua jam, pihak pengelola Gading Nias Residences masih membiarkan WNA tergeletak begitu saja. Bahkan tidak dibawa ke rumah sakit, dan menjadi tontonan warga. “Terlihat bahwa pelayanan yang diberikan oleh pengelola tidak professional dan tidak berkeprimanusiaan,” sebutnya.

Kejadian tersebut bermula dari datangnya petugas Imigrasi ke Gading Nias Residence untuk diadakan pengawasan WNA karena laporan warga di Unit 9 LC. WNA berkulit hitam tersebut berusaha berpindah dari satu unit ke unit sebelahnya hingga akhirnya terjatuh.

Hingga berita ini diturunkan korban belun diketahui identitasnya, Ketika dikonfirmasi oleh awak media ke Petugas Keamanan (Security-red) setempat pihak security menyerahkan ke Pihak Kepolisian setempat.

Saat dikonfirmasi ke Polsek Kelapa Gading terkait peristiwa jatuhnya WNA tersebut, pihak Polsek mengaku mendapat laporan, dan saat ini korban berada di Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here