Pengunduran Diri Dominic Raab Penyebab Kejatuhan Poundsterling

141
Pengunduran Diri Dominic Raab Penyebab Kejatuhan Pound
Banner Top Article

Perdana Menteri Inggris, Theresa May mengumumkan pada hari Rabu malam (Kamis pagi WIB) bahwa dia telah mendapatkan dukungan kabinetnya terkait draft perjanjian Brexit, setelah pertemuan selama lima jam. Namun keberhasilan ini diwarnai dengan , yang berdampak pada penyebab kejatuhan poundsterling.

Diketahui bahwa beberapa menteri telah menentangnya (draft perjanjian). Dan sebelumnya ada beberapa gerakan di antara para backbenchers Konservatif untuk memaksakan mosi tidak percaya kepada PM May.

Perdana Menteri dijadwalkan akan membuat pernyataan Commons terkait perjanjian Brexit pada 1030 GMT atau jam 17.30 BBWI.

Dominic Raab – seorang pendukung Brexit yang dipromosikan ke kabinet untuk menggantikan David Davis ketika ia keluar karena protes terhadap rencana Brexit PM May – adalah salah satu kelompok menteri senior yang dianggap tidak senang dengan draft perjanjian tersebut.

Sekretaris Brexit Dominic Raab telah mengundurkan diri. Dia mengatakan “tidak dapat menggunakan hati nurani untuk mendukung” draft kesepakatan Brexit Inggris dengan Uni Eropa.

Meskipun dia terlibat erat dalam menyusun perjanjian, yang menetapkan syarat-syarat ‘kepergian’ Inggris dari Uni Eropa. Namun, ia telah mengajukan surat pengunduran diri dari kabinet dan keterlibatannya dalam Brexit.

Dalam surat pengunduran dirinya, Mr Raab mengatakan dia tidak bisa mendukungnya karena rezim berkuasa yang diusulkan terkait Irlandia Utara “memberikan ancaman yang sangat nyata terhadap integritas Kerajaan Inggris”.

Ia menambahkan, peraturan “penyokong” yang ada ditujukan untuk mencegah kembalinya perbatasan keras Irlandia, akan memberikan Uni Eropa “memegang hak veto atas kemampuan Inggris untuk keluar”.

Wartawan BBC Norman Smith mengatakan pengunduran diri Dominic Raab memberi tekanan pada anggota kabinet lainnya untuk mundur, meningkatkan prospek “efek domino” yang bisa berakhir dengan pecahnya kabinet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here