Penurunan Ekspor Tak Gangu Defisit Perdagangan AS

126
Defisit perdagangan
Banner Top Article

Defisit perdagangan AS naik secara signifikan di bulan Juli sekalipun ekspor produk pertanian AS mengalami penurunan. Sehingga sektor dagang berpeluang menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi AS di kuartal ketiga tahun ini.

Departemen perdagangan AS dalam laporannya yang dirilis, selasa, hari ini menunjukkan selisih perdagangan AS meningkat sebesar 6,3 persen menjadi $72,2 miliar di bulan lalu. ekspor barang AS turun sebesar 1,7 persen menjadi $140,0 miliar, pengaruh dari penurunan sebesar 6,7 persen pada pengiriman makanan, pakan dan minuman.

Hal ini kemungkinan imbas berlanjutnya pembalikan ekspor kedelai setelah para petani memuat pengiriman hasil pertanian yang sudah dilakukan pada April dan Mei ke Cina sebelum tarif balasan Cina efektif berlaku pada awal Juli. Amerika Serikat dan Cina seperti yang sudah diketahui, terlibat dalam perang dagang yang ditandai dengan tarif tit-for-tat.

Penurunan ekspor untuk produk modal dan konsumen sebenarnya juga sudah terjadi di bulan lalu, meski ekspor kenderaan bermotor mencatat kenaikan. Sementara produk impor mencatat kenaikan sebesar 0,9 persen menjadi $212,2 milai pada Juli. Kenaikan impor ini tak lepas dari meningkatnya impor makanan, persediaan industri dan barang modal.

Ada kenaikan untuk impor kenderaan bermotor pada bulan tersebut, akan tetapi impor produk consume mencatat penurunan.

Pemerintah AS pada bulan lalu mengatakan dalam laporannya bahwa sektor perdagangan berkontribusi sekitar 1,06 persentase poin terhadap laju pertumbuhan ekonomi tahunan AS sebesar 4,1 persen pada kuartal kedua.

Mengantisipasi penghambatan terhadap pertumbuhan pada sektor perdagangan pertumbuhan ekonomi AS di kuartal Juli hingga September diyakini masih akan tetap solid.

Departemen Perdagangan AS dalam laporannya juga mengatakan bahwa persediaan di tingkat grosir mencatat kenaikan sebesar 0,7 persen pada bulan Juli dan persediaan di tingkat eceran mencatat kenaikan 0,4 persen, sehingga dipastikan untuk persediaan dapat memberikan dorongan terhadap produk domestic bruto AS pada kuartal ini.

Ada likuidasi persediaan langsung di kuartal kedua. Akibatnya persediaan mengurangi persentase poin penuh dari pertumbuhan PDB pada kuartal April-Juni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here