EKSPOSISI – Dalam dua dekade terakhir, industri keuangan syariah terus berkembang dan mengalami pertumbuhan yang pesat di seluruh dunia, baik di negara berpenduduk mayoritas muslim maupun non-muslim. Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, secara signifikan memperlihatkan adanya peningkatan akan kebutuhan solusi finansial yang sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Salah satu unit usaha dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia juga bergerak dilini syariah. Allianz Life Syariah demikian unit tersebut secara rutin dan berkesinambungan melakukan sosialisasi dan edukasi produk asuransi syariah, baik kepada mitra bisnis keagenan maupun kepada masyarakat luas. Beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin terutama ke kampus-kampus dan membuka akses seluas-luasnya bagi para milenial yang ingin memperdalam pemahaman mengenai asuransi syariah.

“Di tengah arus persaingan global, asuransi syariah harus menjadi ekosistem industri halal. Tren kesadaran halal ini bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan kesadaran berasuransi syariah. Dengan adanya kolaborasi antara pelaku industri dan lembaga pendidikan ini diharapkan akan dapat melahirkan gagasan-gagasan baru untuk mendukung industri keuangan syariah di Indonesia,” kata Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah, Allianz Life Indonesia.

Untuk mewujudkannya, Allianz Life Syariah menyelenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan seminar. Seminar bertema Mencari Alternatif Baru Strategi Pengembangan Industri Keuangan Syariah Indonesia Dalam Menghadapi Persaingan Global ini menghadirkan praktisi dan akademisi yang peduli terhadap pengembangan industri keuangan syariah.

Allianz Life Syariah, dalam mengembangkan industrinya juga terus melakukan terus melakukan inovasi pada produk-produknya, seperti meluncurkan produk Flexi CI Syariah, rider yang memberikan proteksi terhadap risiko hingga 168 kondisi penyakit kritis, serta Fitur Wakaf untuk melengkapi produk Allisya Protection Plus;

Sejak tahun 2018, Allianz Life Syariah juga menginisiasi program #BerlipatnyaBerkah untuk mewujudkan impian 25 sosok yang menginspirasi untuk berangkat ke tanah suci dan melakukan ibadah umroh secara gratis;

Allianz juga memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital terutama untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan juga mitra bisnis terkait dengan proses penjualan, administrasi polis, pemeliharaan polis termasuk penanganan klaim.

Atas usaha-usaha ini, Allianz Life Syariah mendapat penghargaan dari Karim Consulting Indonesia sebagai The Best Islamic Life Insurance in Profitable Investment untuk kelompok perusahaan asuransi jiwa ber-aset di atas Rp1,25 triliun, serta penghargaan Asuransi Syariah Terbaik 2019 untuk kategori aset lebih dari Rp1 triliun pada acara Best Syariah 2019 yang diselenggarakan oleh majalah Investor. Penghargaan berdasarkan dari sisi pertumbuhan bisnis, kondisi keuangan, serta manajemen risiko. Tahun ini majalah Investor memberikan penghargaan kepada 18 institusi keuangan syariah terbaik dan 13 produk keuangan syariah terbaik.

“Alhamdulillah, kami jadikan penghargaan-penghargaan ini sebagai pengingat untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja agar menjadi lebih baik bagi nasabah. Seluruh strategi yang kami jalankan merupakan bentuk komitmen kami untuk mengembangkan industri keuangan syariah, sambil terus memperluas jangkauan perlindungan asuransi di Indonesia,” tutup Yoga. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here