Eksposisi – Minyak mentah global diperdagangkan kokoh dan menguat selama empat hari berturut-turut disokong oleh pernyataan pejabat Arab Saudi terkait dengan kebijakan produksi OPEC.

Pangeran Abdulaziz bin Salman sebagai menteri perminyakan Saudi yang baru saja ditunjuk langsung mengeluarkan pernyataan bahwa tidak ada perubahan kebijakan dari sisi Saudi dan OPEC. Pernyataan tersebut disokong oleh menteri energi Uni Emirat Arab, Suhail al-Mazrouei bahwa OPEC dan sekutunya, termasuk negara-negara non OPEC berkomitmen dalam menyeimbangkan pasar minyak mentah.

Selain itu, sang pangeran juga berjanji akan memperkuat kerjasama diantara anggota OPEC dan non-OPEC. Abdulaziz bin Salman bukanlah orang baru di dunia perminyakan. Sebelum menjabat posisinya saat ini, beliau cukup lama menjadi anggota delegasi Saudi di OPEC.

Salah satu pencapaiannya adalah terlibat dalam perundingan antara OPEC dengan negara-negara non-OPEC termasuk Rusia yang lebih dikenal sebagai OPEC+ yang menghasilkan kebijakan pemangkasan produksi minyak mentah yang masih berlaku sampai hari ini.

Hari ini (9/9) minyak Brent tercatat naik dan berada di harga $61,61 per barrel sementara minyak West Texas diperdagangkan naik menjadi $56,72 per barrel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here