EKSPOSISI – Orang-orang kaya itu, selalu punya kebiasaan unik dan eksentrik. Demikian penggalan kalimat dari film Ready or Not besutan rumah produksi FOX Searchlight – bagian dari kerajaan Walt Disney Motion Pictures.

Adalah Grace, yang diperankan oleh Samara Weaving, seorang pengantin muda yang tengah berbahagia karena ini hari pernikahannya. Dia akan menikahi salah satu putra dari pemilik bisnis kerajaan mainan anak-anak, Alek Le Domas yang diperankan oleh Mark O’Brien.

Upacara pernikahan berlangsung secara khidmat di rumah keluarga besar Le Domas. Hingga saat jamuan makan malam, dimana tradisi keluarga ini akan dilakukan. Keluarga Le Domas akan melakukan permainan sebagai ritual menghormati lelulur yang memulai bisnis keluarga ini hingga sukses. Proses penerimaan anggota keluarga baru akan dilakukan lewat pilihan permainan yang dikocok dari kota kartu.

Ready Or Not, Petak Umpet Dengan Maut 1
Samara Weaving, ciamik dalam memerankan tokoh Grace.

Hasil undian ini, Grace akan memainkan “petak umpet”, di mana para anggota keluarga Le Domas akan mencari Grace yang harus bersembunyi hingga permainan berakhir sebelum fajar. Sayangnya, Grace tidak tahu bahwa permainan yang sudah tidak lagi dilakukan sejak Alex kecil ini adalah memburu dirinya.

Grace akhirnya menyadari bahwa keluarga Le Domas berniat untuk memburu dan membunuhnya, ia menganggap perburuan sepihak ini sebagai pembantaian, dimana semua orang berusaha bertahan hidup. Alex adalah harapan Grace untuk menjadi sekutu dalam melawan keluarganya sendiri.

Ready Or Not, Petak Umpet Dengan Maut 2
Poster film Ready or Not (Walt Disney, 2019)

Ready or Not sebagai film horor misteri disutradarai oleh Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett dan diproduseri oleh Tripp Vinson, James Vanderbilt, Willem Sherak dan Bradley J. Fischer. Naskah film ini ditulis oleh Guy Busick dan R. Christopher Murphy. Film ini dibintangi oleh Samara Weaving, Adam Brody, Mark O’Brien, Henry Czerny dan Andie MacDowell.

Film ini menawarkan ketegangan yang terbangun secara seksama, dimana sejumlah humor kecil akan menyelinap untuk mendinginkan ketegangan. Skenarionya cukup rapih sehingga cerita yang terjalin sangat enak untuk diikuti dan membuat gusar hingga akhir cerita. Sejumlah kejutan-kejutan yang muncul dialur ceritanya membuat Ready or Not menjadi film pilihan pekan ini.  

Film Ready or Not ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Fantasia pada tanggal 27 Juli 2019 dan dirilis di Indonesia pada tanggal 28 Agustus 2019. Bisa dikatakan film ini sangat bagus dalam cerita dan senimatografinya. Empat bintang dari 5 bintang skor akhir. Jangan lupa saksikan di theater kesayangan anda. (Lukman Hqeem)

Cuplikan adegan dalam film Ready or Not

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here