Safe Haven Diburu Atas Hilangnya Jamal Khashoggi

120
Dolar
Banner Top Article

Safe Haven Diburu Atas Hilangnya Jamal Khashoggi

Dolar AS naik tipis setelah terbentur data penjualan ritel AS yang lemah tadi malam, sementara mata uang safe haven diburu atas ketegangan timur tengah menyusul menghilangnya jurnalis Jamal Khasoggi.

Indeks dolar AS, parameter pergerakan greenback terhadap enam mata uang mayoritas diperdagangkan stabil pada level 95,143, hanya naik tipis 0,09 persen di sesi Selasa, namun turun dari level atas harian 95,37 di sesi Senin pasca dirilisnya data penjualan ritel AS.

Data tersebut menunjukkan konsumen AS membatasi belanja dan juga muncul saat yield obligasi AS sedikit turun dari kenaikan tujuh tahun di pekan lalu.

Yield obligasi acuan 10 tahun AS mengalami konsolidasi di 3,16 persen hari ini, setelah sentuh kenaikan tujuh tahun 3,26 persen pada 9 Oktober lalu.

Sementara itu, mata uang safe haven yen dan franc Swiss telah menarik minat pasar ditengah ketegangan anatara kekuatan Barat dan Saudi Arabia, yang mengalami tekanan sejak jurnalis Saudi terkemuka Jamal Khashoggi, seorang kritikus Riyadh dan seorang warga AS, menghilang pada 2 Oktober pasca mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul.

Yen Jepang turun tipis 0,19 persen di sesi Selaa dan diperdagangkan di level 111,97. Sebelumnya di sesi Senin, yen menyentuh level kenaikan satu bulan 111,61.

Swiss franc melemah tipis 0,17 persen terhadap dollar dan terakhir terpantau diperdagangkan di level 0,9886, setelah tadi malam mencatat kenaikan 0,45 persen.

Di Inggris, sterling diperdagangkan di level 1,3144 karena investor menunggu kejelasan lebih lanjut tentang status perbatasan tanah Inggris dengan Irlandia pasca-Brexit. Kebuntuan pembicaraan Brexit dan ketegangan perdagangan global menambah faktor negatif yang mengguncang saham global.

Euro diperdagangkan datar terhadap dollar di level 1,1572, menjauh dari level bawah tujuh pekan 1,1429 yang dicapai di sesi Selasa pekan lalu.

Kanselir partai Bavarian Angela Merkel pada hari Senin mengatakan partai tersebut akan mendukung stabilitas politik di Berlin setelah mengalami kekalahan besar dalam pemilihan regional bahwa rival sayap kanan mereka menyerukan sebagai “gempa bumi” yang akan mengguncang pemerintah koalisi.

Dolar Selandia Baru naik 0,24 persen terhadap dolar AS diperdagangkan di level 0,6567 menyusul laju inflasi Selandia baru melampaui perkiraan di kuartal ketiga.

Inflasi konsumen Selandia baru naik 0,9 persen di kuartal September, melampaui perkiraan 0,7, terkait meningkatnya harga BBM dan melemahnya mata uang.

Dollar Australia flat terhadap greenback di level 0,7126. Risalah pertemuan kebijakan Reserve Bank of Australia di Oktober menunjukkan para pembuat kebijakan masih optimis menatap outlook ekonomi kseluruhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here