saudi aramco

Eksposisi – Penawaran perdana saham Saudi Aramco berjalan mulus setelah pada Kamis lalu nilai perusahaan tembus $1,7 triliun. Angka ini cukup menggembirakan karena Pangeran bin Salman menargetkan nilai perusahaan sebesar $2 triliun, yang tampaknya akan berhasil diraih tak lama lagi.

Selain itu, Aramco juga mencetak rekor dengan menjadi perusahaan raksasa terbaru mendahului Apple Inc. dan Microsoft Inc. dengan selisih $600 miliar. Nilai kedua perusahaan tersebut saat ini lebih dari $1 triliun.

Harga saham Aramco saat ini adalah $8,53 per lembar dan pembeli potensialnya berasal dari warga negara Arab Saudi dan investor di kawasan Timur Tengah. Permintaan dari investor institusional, meliputi perusahaan dan pembiayan Saudi mencapai $106 miliar dan investor ritel menyumbang $12,6 miliar. Rentang usia pembeli sahamnya antara 31-45 tahun.

Awalnya, IPO juga melibatkan investor asing di luar Timur Tengah namun tidak mendapat tanggapan positif karena ada kecemasan terkait transparansi, isu lingkungan dan resiko politik. IPO ini merupakan salah satu upaya Saudi Aramco untuk melakukan diversifikasi usaha di luar minyak.

Dari segi prospek, Aramco cukup menjanjikan karena perusahaan telah merencanakan deviden sebesar $75 miliar di 2020. Lima kali lebih besar dari pembayaran Apple, yang saat ini merupakan yang tertinggi diantara jajaran perusahan S&P 500.

Sebaliknya kondisi harga dan permintaan akan minyak secara global, yang diperkirakan akan mulai turun pada 2025 sebagai konsekwensi pemangkasan emisi gas rumah kaca dan meningkatnya penggunaan kendaraan listrik tentu saja menjadi tantangan tersendiri dalam IPO ini.

Selama beberapa tahun terakhir, perlombaan menjadi yang terbesar didominasi perusahaan-perusahaan berbasiskan teknologi, namun lucunya raksasa seperti Alphabet dan Amazon belum mampu menembus angka $1 triliun.

Rekor yang dicetak Aramco mengukuhkannya sebagai perusahaan yang sahamnya paling banyak diperdagangkan di dunia, diluar Amerika. Rekor ini pernah diraih oleh Petrochina pada 2009 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here