Sepakat! NAFTA Masuki Babak Baru

139
Sepakat! NAFTA Masuki Babak Baru
Banner Top Article

Amerika Serikat dan Kanada akhirnya berjabat tangan pertanda rampungnya kerjasama trilateral antara Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada. NAFTA baru.

Kanada merupakan negara terakhir yang akhirnya bergabung setelah sebelumnya perundingan diantara kedua negara berjalan begitu alot dan sempat muncul dugaan NAFTA akan bubar dan hanya diisi oleh Amerika dan Meksiko saja.

Perjanjian tiga negara versi baru ini mengharuskan Kanada dan Meksiko menerima syarat dagang yang lebih ketat karena tujuan utamanya adalah mengurangi defisit perdagangan AS. Perjanjian yang sama sebenarnya sudah disodorkan kepada China namun ditolak yang berujung kepada pengenaan tarif tambahan pada produk-produk impor negara Tirai Bambu tersebut.

Selain itu, kerjasama ini juga akan mempersulit produsen otomotif global dalam membangun mobil dengan biaya lebih murah di Meksiko karena tujuannya adalah menggiring dibukanya lebih banyak lapangan kerja di AS.

Dalam pernyataan bersama di depan wartawan, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan bahwa kesepakatan ini akan menciptakan pasar yang lebih bebas, perdagangan yang lebih adil dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di wilayah kita.

Menurut sumber senior pemerintahan Amerika, perjanjian antara ketiga negara akan dilakukan pada akhir November karena harus disetujui Kongres terlebih dahulu .

Bagi Kanada, kesepakatan ini akan melanggengkan mekanisme penyelesaian sengketa yang selama ini diperjuangkan demi melindungi industri perkayuan setempat dan sektor lainnya dari tarif anti dumping AS. Kanada sepakat memberikan akses sekitar 3,5 persen dari pangsa pasarnya bagi produk-produk susu AS. Meski sumber setempat mengatakan pemerintah Kanada sudah menyiapkan kompensasi karena peternak sapi lokal marah
atas keputusan tersebut.

Kesepakatan ini juga mensyaratkan sebagian besar bagian-bagian mobil harus dibuat di wilayah Amerika Utara dengan upah setidaknya $16 per jam, kesepakatan ini ditujukan untuk memindahkan lapangan kerja dari Meksiko.

Selain itu, Kanada dan Meksiko menyepakati kuota ekspor 2,6 juta kendaraan penumpang ke Amerika sementara bagi kendaraan produksi global dikenakan tarif 25 persen untuk bisa masuk AS.

Meski begitu, tarif untuk sektor baja dan aluminium tidak mencapai kata sepakat dan Trump mengancam akan membawa Meksiko saja.

Kabar ini tentu saja membawa angin segar ke pasar keuangan dimana indeks S&P 500 e-mini ditutup naik lebih dari 0,5 persen. Dolar Kanada melonjak capai level tertinggi terhadap dolar sampai 0,5 persen. Peso Meksiko menguat 0,8%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here