Smallfoot, Adapatasi Dongeng Himalayan

127
Smallfoot (Warner Bros.)
Smallfoot (Warner Bros.)
Banner Top Article

Smallfoot, merupakan film animasi terbaru dari Warner Bros. Film ini merupakan karya adaptasi dari buku berjudul Yesti Tracks karya Sergio Pablo, dengan sutradara Karey Kirkpatrick yang sekaligus merangkap penulis skenario pula.

Film ini bercerita tentang sekelompok Yeti yang berinteraksi dengan manusia. Masing-masing pihak, selama ini menganggap pihak yang lain sebagai mitos belaka. Yeti, sendiri terilhami dari dongeng Nepal tentang sosok yang seperi kera namun lebih tinggi dari manusia. Menurut dongeng tersebut, mereka tinggal diwilayah pegunungan Himalaya, termasuk wilayah Nepal, Bhutan dan Tibet. Saat bangsa Eropa tiba dikawasan ini, dongeng tersebut kemudian dibawa hingga ke Eropa dan mulai dikenal disana sejak abad XIX.

Dalam sebuah kajian sains atas sehelai rambut yang ditemukan dipegunungan Himalaya, yang sebelumnya diyakini sebagai rambut Yeti, dari uji DN disimpulkan sebagai seekor beruang pra sejarah dari jama Pleistosin.

Yeti sendiri dalam film Smallfoot, digambarkan hidup dipegunungan pula. Tinggi diatas awan sehingga jauh dari pandangan manusia pada umumnya. Ada Gajah Mammoth, hewan yang menemani mereka, bahkan sebagai hewan piaraan bak kucing atau anjing dalam kehidupan manusia.

Tokoh utama dalam film ini adalah Migo, sosok yeti yang biasa saja. Ayah Migo, yang bernama Dorgle setiap membunyikan gong  untuk membangunkan warga desa. Saat belajar membunyikan gong ini, Migo tidak bisa berkonsentrasi, karena terganggu dengan Meechee, anak tetua kampong, yang telah menjadi teman sejak masa kecil.

Suatu ketika, saat keluar dari desanya, Migo melihat sebuah pesawat mengalami kecelakaan. Dia menemukan jejak kecil (Smallfoot) yang selama ini menjadi mitos dari kaumnya. Migo memberitahukan warga desanya akan penemuan ini, sayangnya dia dianggap sebagai pembual. Migo harus membuktikan bahwa ia tidak sekedar membual, dan ingin menjadi menunjukkan kepada Meechee atas keyakinan itu.

Sejumlah bintang papan atas ikut mengisi suara dalam film animasi3D ini. Channing Tatum, James Corden, Zendaya, Common, LeBron James, Gina Rodriguez, Danny DeVito, Yara Shahidi, Ely Henry, dan Jimmy Tatro menjadi pesulih suara pada Smallfoot yang diedarkan sejak akhir September kemarin.  (Lukman Hqeem)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here