31.5 C
Jakarta
Minggu, 25 Agustus 2019
Beranda Agenda dan Peristiwa Suswono Tegaskan Warteg Semangatnya Tetap Berpendapatan

Suswono Tegaskan Warteg Semangatnya Tetap Berpendapatan

0
Suswono Tegaskan Warteg Semangatnya Tetap Berpendapatan

Tegal identik dengan Warteg alias Warung Tegal yang tersebar begitu banyak di Jakarta. Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu Jakarta, organisasi yang menaungi kegiatan warga Tegal tampaknya melihat peluang besar untuk berkumpul dan bekerja sama serta saling bersinergi dalam mengembangkan warteg.

 

Bagi Suswono, Warteg semangatnya tetap berpendapatan dan ia ingin anak muda untuk mau berusaha dalam menciptakan lapangan kerja daripada minta-minta pekerjaan.

 

“Mari kita manfaatkan moment Halal Bihalal ini untuk memperkuat tali persaudaraan kita, “ kata Ir. H. Suswono, MMA dalam sambutannya di acara Halal Bihalal 1440 H / 2019 Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu Jakarta, di Auditorium Gedung D Kementerian Pertanian, Jl. RM. Harsono No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (14/7/2019)

 

Lelaki kelahiran Tegal, 20 April 1959 itu menerangkan moment Halal Bihalal ini. “Kita berkumpul di Halal Bihalal IKBT ini jangan hanya basa-basi saja, tapi berkumpul untuk betul-betul hati kita menyatu, “ terang jebolan Institut Pertanian Bogor dan mantan Menteri Pertanian Indonesia Periode 22 Oktober 2009 – 20 Oktober 2014.

 

Suwono menyayangkan orang Tegal sekarang dugalan, alias gampang marah. “Jangan dugalan karena itu bahaya, nanti bisa gampang struk, karena yang lebih baik hati yang lapang karen kalau lapang peredaran darah lancar dan bisa menyehatkan, “ ungkap suami dari Mieke Wahyuni dan ayah empat anak, yakni Anna Mariam Fadhilah, Adilah Ihsani, Muhammad Usaid Gharizah dan Sarah Nabilah.

 

Suswono Tegaskan Warteg Semangatnya Tetap Berpendapatan 1

Dalam organisasi IKBT, kata Suswono, mengajak semua warga Tegal aktif di dalam organisasi yang sudah 37 tahun tersebut, dan ia belum melihat anak muda yang aktif. “Kepengurusan IKBT masih didominasi yang tua-tua, padahal butuh tenaga muda yang energik, dinamis dan punya pemikiran baru dalam membesarkan dan memajukan IKBT, Insya Allah semua punya peran,” tutur politikus yang pernah menjabat anggota DPR-RI melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kab. Tegal, Kota Tegal, Kab. Brebes) dan dipercaya membidangi Bidang Pangan, Pertanian, Kehutanan, Perikanan, dan Kelautan di Komisi IV DPR-RI untuk periode 2004-2009 dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

 

Suwono menyebut kalau semua warga Tegal mau bertemu dan bersinergi akan banyak yang bisa digarap. “Potensi besat warteg yang tiap hari membutuhkan telor berapa ton, juga beras serta lain-lainnya, hanya saja anak muda sekarang maunya jadi pegawai, lebih senang pendapatan tetap daripada tetap berpendapatan, “ ujarnya mengingatkan.

 

“Warteg semangatnya tetap berpendapatan, “ tegasnya.

 

Suswono mengajak masyarakat untuk merubah mindset agar semangat kerjasama bersinergi. “Mari kita semangat menciptakan lapangan kerja daipacda meminta-minta kerja, “ ajaknya tampak begitu sangat bersemangat.

 

Ke depan, Suswono, periode kepengurusan organisasi yang dipimpinnya akan berakhir tahun 2019 ini, dan ia tak menginginkan dua periode. “Sudah saatnya anak muda tampil agar regenerasi jalan dan ini jadi sesuatu yang positif, dan sudah saatnya orangtua membimbing, agar IKBT ke depan semakin maju berkembang,“ pungkas Suswono.

 

Acara yang dihadiri sekitar lima ratusan warga Tegal seJabodetabek yang tergabung dalam  45 paguyuban Tegal itu dimeriahkan dengan penampilan Team Kesenian Ikatan Mahasiswa Tegal (IMT) Ciputat mahasiswa Universitas Islma Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, yang menampilkan Tari Kuntulan, salah satu seni tradisional Tegal yang memadukan unsur seni pencak silat dan diiringi dengan rebana dan selawat. Tari Kuntulan ini merupakan perpaduan antara seni Islami dan Jawa kontemporer.

Suswono Tegaskan Warteg Semangatnya Tetap Berpendapatan 2

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here