EKSPOSISI.COM, JAKARTA – Starvision siap merilis film terbaru bertajuk ‘Bike Boyz’. Sebiuh film drama komedi yang mengangkat tema kearifan lokal Bandung dengan komunitas sepeda motor vespa ini disutradarai oleh Aris Nugraha yang sebelumnya sukses menggarap film ‘Preman Pensiun’.

Dari sederet pemain yang ada, tidak dilibatkan bintang-bintang besar yang sudah terkenal. Penggunaan wajah baru sebagai aktor utama hingga para pendukung rupanya disengaja oleh Aris. Karena Aris menggarap film ini selalu mengandalkan kekuatan cerita.

kekuatan cerita

“Pemain film ‘Bike Boyz’ ini rata-rata memang nggak terkenal, “kata Aris Nugraha dalam press screening film ‘Bike Boyz’di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019).

Aris membeberkan keberaniannya melibatkan ‘wajah baru’ pemain film ‘Bike Boyz’ ini . “Karena yang penting adalah lokalitasnya. Film saya ini bercerita di Bandung, pengen nuansa Bandung bukan dengan aksen dibuat-buat. Karena kalau orang Sunda asli ngomong, itu udah otomatis kedengeran sebagai Sunda. Soalnya kalau saya syuting di Bandung tapi impor pemain Jakarta yang terkenal, unsur lokal nggak keluar,” bebernya.

Menurut Aris, film ini mengandalkan kekuatan cerita ketimbang bermodal para aktor maupun aktris terkenal. Karena baginya, sekarang penonton lebih mencari tontonan dengan cerita yang baik. “Karena saya bikin film itu jualan cerita. Waktu bikin sitkom Bajaj Bajuri kan banyak nanya siapa itu Mat Solar, Fanny Fadillah, Nani Wijaya, orang udah lupa, sementara Rieke pendatang baru. Tapi buktinya orang bisa suka. Lalu saya pakai lagi cara itu di sinetron ‘Preman Pensiun’ dan booming. Jadi orang memang nggak lihat wajah, nggak lihat bintang. Orang pengin menikmati ceritanya. Saya yakin cerita ini akan menghibur,” jelasnya.

intuisi

Aris menyebut para pemain baru seperti di antaranya Aep Bancet, Aline Manza, Gariz Luis hingga Fadly Dodun, yang ia pilih berdasarkan intuisi. “Sebagian besar langsung saya tunjuk karena mereka nggak ada background film. Berdasar intuisi saya aja. Lucunya waktu saya tawari ‘Mau main film nggak?’ mereka shock, dikira dibohongin. Tapi ternyata hasilnya mereka bisa,” papar Aris.

Aris menegaskan alasan tidak menggandeng aktor dan aktris dengan nama besar di film ini. Katanya, dia khawatir logat khas Sunda yang ada di film Bike Boyz diucapkan dengan cara yang kurang tepat yang justru akan mengganggu telinga orang-orang, khususnya orang Sunda. “Film itu kan memindahkan alam nyata ke alam layar. Orang Bandung ya begini. Orang kalau nonton film ini akan melihat kenyataan. Supaya saya tidak banyak PR atau mengganggu orang Sunda karena logat, intonasi, disampaikan dengan cara yang tidak tepat. Akhirnya saya pilih mereka ini,” ungkap Aris.

kearifan lokal

Adapun, Chand Parwer Servia tertarik untuk memproduseri film tersebut  setelah bertemu dan berbincang dengan Aris Nugroho dalam sebuah kesempatan. Pertemuan itu kemudian membuat keduanya tertarik untuk menghasilkan karya bersama. “Serunya karena kami sama-sama orang Sunda. Saya dari Tasikmalaya dan Kang Aris dari Garut. Obrolan dengan bahasa ibu membuat kami mudah nyambung,” ungkap Parwez.

Parwez tertarik memproduseri film Bike Boyz karena mau mengangkat kearifan lokal dalam sebuah film. Aris Nugroho yang sukses dengan Preman Pensiun dianggapnya sebagai orang yang paling tepat diajaknya berkolaborasi.”Saya mau menghadirkan film dengan kearifan lokal. Saya merasa Kang Aris ini orang yang paling tepat,” pungkas Parwez.

‘Bike Boyz’ berkisah tentang sekelompok anak motor baik-baik yang merupakan penggemar Vespa di Bandung, Jawa Barat. Ketika Agus (Aep Bancet) hendak membantu Lilis (Aline Manza) mencari suaminya yang sudah tiga bulan tidak pulang dan tidak berkabar, Vespanya dicuri orang. Bersama teman-temannya sesama anak Vespa, Agus keliling Bandung mencari Vespanya dan juga suami Lilis. Tanpa sengaja mereka masuk ke dalam kasus yang melibatkan komplotan pencuri, geng motor, teroris, dan polisi.

Film Bike Boyz dibintangi Aep Bancet, Aline Manza, Gariz Luis, Damar RM, Aline Manza, Andy Josalim, Birgi Putri dan lain-lain. Film ini tayang di seluruh bioskop tanah air mulai 14 November 2019 mendatang.

Tak Libatkan Bintang Terkenal, Film Bike Boyz Andalkan Kekuatan Cerita 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here