Teater RSPD Tegal memborong penghargaan pada gelaran Parade Teater Daerah 2019. Mewakili dari Provinsi Jawa Tengah, teater arahan sutradara Yono Daryono dengan lakon ‘Mantu Poci’ karya Seful Mu’min itu mampu meraih penghargaan ketegori Penyaji Terbaik, Sutradara Terbaik (Yono Daryono) dan Aktor Terbaik (Mameth Suwargo).

 

Pengumuman dilakukan seusai parade teater dari tujuh provinsi yang berlangsung di Gedung Sasana Langen Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Sabtu (22/6/2019). Ketujuh provinsi yang turut mengikuti parade yang digelar untuk ke delapan kalinya itu, yaitu Jambi, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, Riau, Aceh, dan Kepulauan Riau.

 

“Alhamdulillah, memang Penyaji Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik, “ tutur Yono Daryono penuh rasa syukur.

 

Lelaki kelahiranTegal, Jawa Tengah, 25 Maret 1955, itu menerangkan lakon yang dipentaskannya. “Mantu Poci merupakan sebuah gelar adat di daerah pesisir Kota Tegal, yaitu melangsungkan pesta perkawinan antara sepasang poci tanah, “ terang pemenang penulisan naskah drama se-Jateng dalam judul Adipati Anom (1988) dan Penghargaan Pakarti Seni dari Wali kota Tegal (2008).

 

Lebih lanjut, Darbol -sapaan akrab Yono Daryono- yang banyak berkecimpung dalam kegiatan kesenian di kotanya, itu memaparkan, bahwa tradisi Mantu Poci dilaksanakan apabila ada pasangan suami-istri yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai keturunan, namun berniat menggelar pesta hajatan. “Maka sebagai pengganti mempelainya adalah sepasang poci raksasa yang dihiasi dan didandani layaknya sepasang pengantin, “ paparnya.

 

Yono Daryono menegaskan alasan menggelar Mantu Poci di Parade Teater Daerah tingkat Nasional karena mantu poci merupakan salah satu tradisi khas tegalan. “Jadi kita perlu mendapat perhatian dalam upaya pelestarian, “ tegasnya.

 

Teater RSPD Tegal, sebuah group teater yang berdiri di Tegal sejak tahun 1978, dengan pendiri Eko Tunas dan Yono Daryono. Berkiprah dalam seni drama/pertunjukan dan sudah menghasilkan sekitar 69 karya serta tetap eksis sampai sekarang dalam kancah dunia teater Indonesia.

Teater RSPD Tegal Borong Penghargaan Parade Teater Daerah 2019 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here