EKSPOSISI – Setelah diluncurkan beberapa bulan lalu, Huawei nova 5T mendapat sambutan positif terutama dari segi spesifikasinya, termasuk teknologi kamera yang menjadi ciri khas dari produk smartphone Huawei. Dibekali dengan 4 kamera AI di belakang dan 1 kamera depan, Huawei nova 5T memiliki spesifikasinya yang lebih dari mumpuni untuk menghasilkan foto dan video layaknya smartphone flagship. Artikel ini akan memberikan berbagai tips mengenai bagaimana memanfaatkan fitur-fitur kamera yang ada di nova 5T untuk menghasilkan foto dan video yang maksimal.

Huawei nova 5T, mengusung performa dan spesifikasi layaknya smartphone flagship namun dengan harga kelas menengah. Saat ini banyak dibicarakan teknologi kameranya. Dengan spesifikasi kamera belakang: 48MP kamera utama (f/1.8 aperture AF), 16MP kamera ultra-wide (f/2.2 aperture FF), 2MP kamera makro (f/2.4 aperture FF), dan 2MP depth sensor (f/2.4 aperture), serta kamera depan 32MP dengan bukaan f/2.0 aperture ini mampu menawarkan pengalaman fotografi dan videografi yang canggih dan terbaik di kelasnya.

“Teknologi kamera smartphone sudah menjadi DNA dari smartphone Huawei, dan dengan adanya Huawei nova 5T, kami ingin memberikan pengalaman yang serupa kepada konsumen dengan produk smartphone mid-range kami,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia. “Dengan harga baru yang berlaku di pasar, tentunya daya saing Huawei nova 5T akan semakin kuat dan konsumen pun memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merasakan pengalaman fotografi yang memukau dari produk ini.”

Dengan spesifikasi 4 kamera AI di belakang dan 1 kamera AI depan, pengguna dapat mengeksplorasi banyak fitur dan teknologi yang tersedia di Huawei nova 5T untuk mendapatkan hasil fotografi dan videografi layaknya profesional. Berikut adalah lima tips untuk memanfaatkan fitur-fitur kamera yang ada di Huawei nova 5T:

  • Manfaatkan efek latar belakang untuk hasil bokeh yang maksimal

Foto dengan latar belakang yang buram dan membuat subjek foto lebih fokus, atau disebut juga bokeh, menjadi semakin populer beberapa tahun ini. Di smartphone Huawei nova 5T, dengan bantuan 2MP depth sensor dan kemampuan AI-nya, fitur ini mampu menghasilkan foto portrait yang tajam, mendetail, dan mirip seperti hasil foto DSLR dengan tepian yang ditingkatkan, bukan hanya untuk obyek manusia tapi yang lainnya juga. Berbagai tipe efek blur di latar belakang seperti ‘Swirl’, ‘Hearts’, ‘Circles’ juga tersedia untuk dieksplor lebih jauh. Kamera depan juga mendukung foto portrait dengan efek-efek ini, dan hasilnya sangat jernih berkat lensa 32MP nya. Untuk yang tidak mau repot-repot mengedit foto, bisa langsung menggunakan Beauty.

  • Mode dengan hasil yang tidak terlalu ‘menipu’.

Jika pengguna membuka pilihan ‘More’ di aplikasi kamera, bisa langsung menemukan shooting mode yang bernama ‘Aperture Mode’ yang akna membantu mengatur kadar buram di latar belakang foto. Serunya, Huawei nova 5T juga mendukung efek buram di video di resolusi apa pun, baik di kamera utama ataupun di kamera ultra-wide. Berbagai efek buram dan mode gradasi warna juga tersedia untuk video, yang menjadikan videonya terlihat lebih jernih dan ekspresif.

  • Gunakan lensa di kamera utama untuk foto makro di cahaya redup

Huawei nova 5T memang menyediakan kamera makro 2MP yang dapat menghasilkan foto close-up makro dengan jarak objek 4 cm saja. Untuk mengurangi noise saat mengambil foto makro dalam kondisi cahaya redup, pengguna dapat mengambil foto dengan lensa utama 48MP dan pilihan AI Ultra Clarity di bagian Pengaturan untuk mengurangi serta meningkatkan kejernihan foto. Dan jika ingin meng-crop fotonya, pengguna masih dapat mendapatkan hasil foto makro yang jernih bahkan di kondisi redup sekali pun.

  • Maanfaatkan ultra-wide mode untuk menangkap obyek yang lebih luas

Kamera yang menghasilkan angle ultra-wide juga menjadi suatu tren tahun ini. Huawei nova 5T menyediakan kamera ultra-wide 16MP yang memberikan sudut pandang 117 derajat untuk menangkap semua di hasil foto. Bahkan, pengguna juga dapat mengambil video dengan resolusi 4K dari kamera ultra-wide dan mengubah lensa dari kamera utama ke kamera ultra-wide ataupun sebaliknya saat sedang merekam video.

  • Nikmati fotografi di malam hari

Huawei dikenal terdepan untuk teknologi kamera yang memberikan hasil fotografi malam hari yang ciamik. Dengan menggunakan Night Mode di Huawei nova 5T, pengguna dapat menikmati hasil foto yang mendetail dengan akurasi warna yang terjaga tanpa banyak noise. Saat menggunakan Night Mode, perangkatnya perlu tetap stabil selama beberapa detik, dan ini akan sangat terbantu dengan adanya fitur AI image stabilization yang menghasilkan jepretan yang stabil.

  • Sesuaikan menurut preferensi pengguna

Untuk pengguna yang menginginkan pengalaman mengatur kamera secara manual seperti di kamera DSLR, bisa mulai berekspresimen dengan Pro Mode, di mana pengguna dapat mengontrol ISO, shutter speed, dan aperture untuk kamera utama dan ultra-wide. Untuk video, pengguna dapat mengatur resolusi video maksimal hingga 4K dengan AI stabilization. Beberapa shooting mode juga tersedia untuk fotografi dan videografi, sepreti Panorama (Horizontal dan Vertical), Slow motion video (720p di 960fps dan 1080p di 120fps), Light painting (silky water, star trails, traffic trails, daught paint).

Mulai 19 Oktober lalu, Huawei menawarkan potongan harga sebesar Rp 1,400,000 dari harga Rp 6.899.000 menjadi Rp 5.499.000 untuk setiap pembelian Huawei nova 5T di distributor resmi dan toko resmi Huawei di seluruh Indonesia.

Bagi konsumen yang ingin merasakan kecanggihan fitur kamera dan performa Huawei nova 5T, Huawei mengadakan roadshow di beberapa kota besar, antara lain di Jakarta (Kelapa Gading tanggal 28 Oktober – 3 November, Central Park 4 – 10 November), Bandung (Paskal 23 4-10 November), Surabaya (WTC 1-31 Oktober, Pakuwon 21 Oktober – 3 November), dan di Bali (Cellular World 21 Oktober – 3 November 2019).

Sebagai bentuk pelayanan prima kepada konsumen, Huawei kembali menggelar ‘Huawei Service Day setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pertama di setiap bulannya. Ada sejumlah layanan yang diberikan pada Huawei Service Day dan tanpa dipungut biaya. Layanan lainnya yang diberikan saat program ini berlangsung adalah layanan pembersihan dan sterilisasi  smartphone konsumen dari kuman secara gratis.

Untuk perangkat yang tidak memiliki garansi juga akan diberikan biaya service gratis, serta tersedia pula screen protector dan potongan harga untuk aksesoris tertentu. Adapun untuk screen protector yang teredia adalah untuk seri Huawei P30 series, Mate 20 Pro, nova 5T, nova 3i, dan Y Series (Y7 Pro 2019).

Huawei Service Day dilaksanakan di Huawei Exclusive Service Center dan Huawei Experience Store (HES) seperti di HES Taman Anggrek Jakarta, JES Tunjungan Plaza Surabaya, Huawei Service Center Plaza Marina Surabaya, Huawei Service Center BEC Bandung, dan HES Galaxy Mall 3 Surabaya, serta seluruh service center resmi Huawei. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here