Trump

Mata uang dolar diperdagangkan melemah terhadap mata uang major lainnya pada hari ini setelah Presiden Donald Trump melontarkan kritik The Fed.

Selain mengomentari kebijakan the Fed terkait dengan kenaikan suku bunga, Trump juga melontarkan kritikan kepada ketua organisasi keuangan paling berkuasa di negara Paman Sam tersebut. Trump tidak menyukai kebijakan pengetatan the Fed yang berujung kepada menguatnya dolar.

Satu hal yang membuat pasar cemas adalah berbagai kritikan yang dilontarkan Trump dapat mempengaruhi independensi the Fed dalam mengeluarkan kebijakan.

Sepanjang tahun ini, Euro sudah tergelincir 4,8% terhadap dolar. Sementara posisi terakhir euro berada pada level $1,1525. Terhadap yuan, dolar menguat 5% sepanjang 2018. Pound diperdagangkan flat pada $1,2838.

Dari Eropa dilaporkan, Inggris tengah bersiap melakukan perundingan dengan juru runding kepala Uni Eropa untuk membahas hubungan antara London dengan Brussel. Muncul dugaan Inggris akan keluar dari kesatuan Eropa tanda membuat kesepakatan apapun meski Menteri Brexit Inggris Dominic Raab cukup yakin hasilnya akan memuaskan.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here