Trump Pilih Meksiko Ketimbang China

147
Banner Top Article

Dalam sesi tanya jawab ketika pengumuman kerjasama dengan Meksiko, Presiden Trump menyatakan sekarang bukan saatnya melakukan negosiasi dagang dengan China. Dia menolak tawaran negosiasi China karena ingin mencari kesepakatan dagang yang tidak berat sebelah.

Dalam pernyataannya Trump memang tidak mengatakan menolak China sepenuhnya tapi hanya waktunya saja yang tidak tepat. Tentu saja kabar terbaru ini memicu kecemasan pasar akan adanya tindak balas dan nantinya akan mempengaruhi wilayah-wilayah lainnya.

Perundingan dagang antara Amerika dengan China sudah terhenti sejak Mei lalu dimana saat itu Trump menawarkan kepada China agar membeli lebih banyak produk energi dan pertanian AS, namun kesepakatan tak pernah tercapai sampai saat ini.

Beberapa pengamat merasa bahwa konflik diantara Amerika dan China lumayan rumit dan tidak berhenti pada permasalahan defisit neraca perdagangan saja. Selain beban untuk mengurangi defisit senilai $375 miliar, Trump juga menuntut agar China melepas subsidi industri dan menarik rencana “Made in China 2025” yang bertujuan untuk menguasai industri dunia diantaranya intelegensi buatan dan robotika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here