Tunjangan Pengangguran AS Terendah Dalam 49 Tahun

76
Banner Top Article

Eksposisi – Jumlah pengajuan tunjangan pengangguran warga oleh AS di pekan lalu, mendekati tingkat terendahnya dalam 49 tahun. Angka ini menegaskan semakin kuatnya pasar tenaga kerja AS yang mestinya dapat terus menopang pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat.

Pasar tenaga kerja dengan meyakinkan menopang pertumbuhan upah dan diharapkan dapat meningkatkan belanja konsumen seiring dengan berakhirnya paket pemangkasan pajak senilai $1,5 triliun. Paket tersebut merupakan stimulus yang diberikan pemerintahan Trump.

Kaim awal tunjangan pengangguran turun 8.000 pengajuan menjadi 207.000 dengan penyesuaian musiman di pekan hingga 29 September, Departemen Tenaga kerja, Kamis, melaporkan.

Sementara itu, data pekan sebelumnya mengalami revisi tambahan sebesar 1.000 pengajuan dari laporan sebelumnya. Klaim turun menjadi 202.000 sepanjang pekan hingga 15 September, merupakan yang terendah sejak Nopember 1969.

Angka klaim pengangguran ini jauh di bawah hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Reuter, dimana para ekonom memperkirakan klain hanya turun menjadi 213.000.

Departemen tenaga kerja mengatakan klaim pengangguran untuk wilayah Karolina Utara dan Selatan dipengaruhi oleh Badai Florence, yang menghantam wilayah tersebut pada medio September.

Rata-rata klaim selama empat pekan, parameter yang lebih baik untuk tren pasar tenaga kerja karena menghapus volatilitas per minggunya, meningkat 500 menjadi 207.000 di pekan lalu.

Data klaim tidak berpengaruh pada laporan pekerjaan September, yang akan dirilis pada hari Jumat.

Berdasarkan survei Reuters, para ekonom memperkirakan nonfarm payrolls AS meningkat 185,000 di September menyusul kenaikan 201.000 pada Agustus.

Tingkat pengangguran diperkirakan turun sepersepuluh persentase poin menjadi 3,8 persen, tingkat terendah pertama dalam 18 tahun yang disentuh pada Mei.

Namun, pertumbuhan payrolls diperkirakan naik setelah data pada Rabu menunjukkan peningkatan penerimaan kerja perusahaan swasta di September dan meningkatnya pekerjaan di sektor swasta.

Laporan klaim ini juga menunjukkan jumlah penerima tunjangan setelah menerima di pekan pertama berkurang 13.000 menjadi 1,65 juta untuk pekan hingga 22 September. Rata-rata klaim lanjutan empat pekan menurun 15.250 pengajuan menjadi 1.66 juta, level terendah sejak Oktober 1973.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here