Anak usia dini adalah usia emas yang perlu dilatih kemampuan fisik motorik, kecakapan sosial dan pembiasaan nilai-nilai yang luhur. Tak patut membiarkan anak kecanduan gadget yang membuat anak cenderung pasif. Berlatar fenomena, Universitas Trilogi bekerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar kegiatan Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar tingkat PAUD/ TK pada hari Minggu, 8 Maret 2020 di Balai Panjang, Museum Indonesia, TMII.

Universitas Trilogi & TMII Gelar Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/ TK 1
Oetari Noor Permadi, Penanggung Jawab Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar bersama peserta lomba

“Lomba ini mengusung tema Swasembada Pangan dengan tujuan memberikan pendidikan dini ketahanan Pangan dan Swasembada Pangan sejak dini, “ kata Oetari Noor Permadi, Praktisi Pendidikan dan Budaya sekaligus sebagai Penanggung Jawab Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar tingkat PAUD/ TK.

Oetari berharap, dengan mengikuti lomba ini anak sadar arti penting kemampuan swasembada pangan yaitu keadaan cukup makanan yang tumbuh dari tanah sekitarnya. “Ini erat kaitannya dengan wawasan pangan lokal, selain beras. Misal : ubi, jagung, singkong, sagu, juga buah-buahan lokal, bumbu dapur lokal, sayur, ternak dan hasil-hasil peternakan maupun perikanan laut dan air tawar, “ paparnya.

Melalui kegiatan ini, kata Oetari, anak usia dini didorong untuk bebas bereskpresi, sehingga merasa nyaman dan dihargai. “Lomba ini bisa sekaligus sebagai sarana wisata keluarga yang sehat,” tegasnya.

Universitas Trilogi & TMII Gelar Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/ TK 2
Kak Jarwo (Seniman Lukis Anak), Oetari Noor Permadi (Penanggung Jawab Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar), Soehardjo Soebardi (Pembina Yayasan Harapan Kita (YHK)), Dr. Arissetyanto Nugroho, MM (Ketua Panitia Bulan Maret Bulan Pak Harto)

Sedangkan, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM, Ketua Panitia Bulan Maret Bulan Pak Harto, yang berkesempatan mendampingi Pembina Yayasan Harapan Kita (YHK) Soehardjo Soebardi, untuk meninjau Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar, itu mengatakan, dalam Bulan Maret Bulan Pak Harto ini kita mentransformasikan nilai-nilai berbangsa yang telah dibangun Pak Harto. “Agar rakyat tidak lupa dan bisa menjadi modal untuk menjadi bangsa Indonesia yang siap bersaing di era apapun, “ ungkapnya mantap.

Sesuai dengan tema pada peringatan Bulan Maret Bulan Pak Harto pada tahun 2020, yaitu membangun Manusia Indonesia Seutuhnya, mengandung makna mendalam dalam kehidupan berbangsa. “Membangun manusia Indonesia seutuhnya itu merupakan suatu proses yang tak pernah selesai, “ bebernya.

Perihal tema Swasembada Pangan dalam Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar ini, Arissetyanto mengingatkan agar kita tidak lupa sejarah. “Kita tentu ingat, prestasi  Swasembada Pangan di zaman Orde Baru pemerintahan Pak Harto yang memang harus kita akui bersama, mampu harhat dan martabat negera kita di mata dunia, “ tegasnya.

Universitas Trilogi & TMII Gelar Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/ TK 3
Dr. Arissetyanto Nugroho, MM, Ketua Panitia Bulan Maret Bulan Pak Harto

Juri Lomba yang terdiri dari Kak Jarwo (Seniman Lukis Anak), Kak Nashir (Ilustrator Buku Anak) dan Mia Rahmawati (Pemerhati Anak sekaligus Dosen Universitas Trilogi) ini menetapkan pemenangnya, yaitu sebagai berikut:

  • Juara 1: Tara DJS (TK Cinta Kasih Tju Chi)
  • Juara 2: Ayra Kanza Putri (RA Al Athfal)
  • Jaura 3: Amelia Ccristinha (TK Mardi Waluyo)
  • Harapan 1: Raziqiyah Kanzha (TK Islam Al Hidayah)
  • Harapan 2: Keysa Putri (TK Esa Nusa)
  • Harapan 3: Nicholas C. Wibisono (TKK 8)
Universitas Trilogi & TMII Gelar Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/ TK 4
Hasil karya Tara DJS, TK Cinta Kasih Tju Chi, juara 1 Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar tingkat PAUD/ TK yang diselenggarakan Universitas Trilogi & TMII (Repro: Akhmad Sekhu)

Pemenang lomba mendapat hadiah total tiga juta lima ratus ribu rupiah, piala, sertifikat juga voucer Gratis masuk Snowbay dan berbagai anjungan di Taman Mini Indonesia Indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here