Upaya Keras PBOC Topang Yuan, Berhasil?

179
PBOC Topang Yuan - Bank Besar China
Banner Top Article

Upaya keras People Bank of China (PBOC) menghidupkan kembali faktor “counter-cyclical” dalam menetapkan nilai tukar mata uang hariannya terbilang sukses. PBOC Topang Yuan untuk mendukung mata uang dan menahan rekor penurunan dalam 10 pekan yang telah mengguncang pasar global. Yuan saat ini terpanau mendekati level tertinggi 2 setengah pekan terhadap dolar AS.

Pada Jumat lalu, Bank Rakyat China mengatakan bahwa mereka tengah menyesuaikan perhitungan titik tengah resmi yuan agar tetap lebih stabil di tengah penguatan dolar dan terus berlanjutnya ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing.

Upaya untuk menstabilkan yuan, PBOC Topang Yuan, telah dilakukan sehari pasca berakhirnya pembicaraan antara Cina dan AS terakhir dengan tujuan penyelesaian perang perdagangan yang berakhir dengan minimnya perembangan. Sementara langkah-langkah yang dilakukan AS yang lebih keras diperkirakan akan dimulai bulan depan yang justru semakin menambah tekanan pada mata uang Cina.

Dalam wawancara dengan Reuters pekan lalu, Presiden Donald Trump menuduh Cina yang telah memanipulasi mata uangnya untuk meredam hantaman dari tarif AS atas impor Cina.

Sebelum pembukaan pasar pada hari Senin, PBOC mengangkat titik tengah resmi yuan lebih dari yang diharapkan ke 6,8508 per dolar, 202 pips, atau 0,3 persen, lebih kuat dari perbaikan sebelumnya 6,8710 pada hari Jumat.

Yuan membuka perdagangan internasional di level 6.8080 per dolar, level terkuat sejak Aug.8, diperdagangkan pada 6.8205, 15 pips lebih lemah dari penutupan sesi sebelumnya. Yuan juga memangkas beberapa penurunannya terhadap greenback menjadi 4,6 persen di tahun ini.

PBOC diyakini tidak menggunakan faktor penyesuaian misterius sejak Januari, ketika yuan berada dalam tren penguatan, meskipun para pelaku pasar menduga PBOC telah mencoba dengan analisa di sesi terakhir di tengah penguatan dolar.

Penegasan PBOC atas langkah itu terlihat sebagai sinyal yang tidak nyaman dengan terus melemahnya yuan yang dapat memicu arus keluar modal, terutama saat yuan terus mendekati level support psikologis di sekitar level 7 yang terus diawasi dengan ketat terhadap dolar.

Terlambatnya penguatan yuan di pasar luar negeri setelah pengumuman pada hari Jumat membuat yuan berhasil terhindar dari penurunann mingguan ke11 berturut-turut. Meskipun yuan telah mencatat penurunan beruntun terpanjang dalam seminggu sejak nilai tukar disatukan pada 1994.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here