Warga AS Masih Konsumtif, Belanja Konsumen Meningkat

114
Banner Top Article

Warga AS masih cukup konsumtif di sepanjang Agustus. Ini terlihat dari data yang dirilis yang menunjukkan belanja konsumen AS dengan meyakinkan meningkat pada bulan tersebut.

Sementara indeks yang mendasari inflasi masih berada pada target Federal Reserve yakni di 2 persen untuk bulan keempat berturut-turut.

Data ini semakin mempertegas dukungan atas harapan meningkat nya pertumbuhan ekonomi AS di kuartal ketiga secara solid. Laporan belanja konsumen di bulan ini, sejalan dengan ekspektasi para ekonom.

Dalam laporannya, departemen perdagangan AS menunjukkan belanja konsumen AS yang mencakup dua pertiga aktifitas ekonomi AS, meningkat 0,3 persen di Agustus menyusul kenaikan dengan revisi 0,4 persen di Juli. Peningkatan belanja konsumen didorong oleh sector perawatan kesehatan, yang mengimbangi penurunan pembelian kenderaan bermotor.

Belanja konsumen dengan penyesuaian terhadap inflasi naik 0,2 persen menyusul kenaikan 0,3 persen di Juli.

Belanja atas barang di Agustus meningkat 0,3 persen, kenaikan ini diperkirakan karena tingginya harga BBM. Angka ini turun jika dibandingkan pada bulan Juli, yakni 0,5 persen. Sementara belanja jasa meningkat 0,4 persen yang didominasi oleh belanja pada perawatan kesehatan.

Terdapat moderasi dalam kenaika harga bulanan di Agustus. Indeks harga belanja konsumsi personal, personal consumption expenditures (PCE), yang tidak termasuk komponen pangan dan energi tidak menglami perubahan dari laporan di bulan Juli yakni 0,2 persen. Angka tersebut yang terlemah sejak Maret 2017.

Data flat di Agustus menempatkan indeks inti PCE tahunan mencatat kenaikan 2,0 persen. Indeks inti PCE ini merupakan indikator yang paling disukai the Fed untuk mengukur inflasi. Indeks menyentuh target inflasi the fed 2 persen di Maret untuk pertama kali sejak April 2012.

Dalam laporan tersebut juga menunjukkan pendapatan personal AS meningkat 0,3 persen pada bulan Agustus setelah mencatat kenaikan yang sama pada bulan Juli. Upah meningkat 0,5 persen, kenaikan terbesar dalam 7 bulan terakhir, menyusul kenaikan 0,3 persen pada bulan Juli. Laju pertumbuhan tabungan tidak berubah di 6,6 persen, sama dengan bulan lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here