Eksposisi.com – Perdamaian masih tetap menjadi tema pembicaraan utama dunia. Hal itu yang membuat International Film Festivals for Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE) sebagai penyelenggara festival internasional, yang khusus mengangkat tema-tema perdamaian, inspirasi, dan persamaan hak bekerja sama dengan World Peace Awards yang berpusat di Amerika Serikat memberikan penghargaan The Baroness Bertha Sophie Felicita Von Suttner Award kepada sutradara senior Cheryl Halpern dari Amerika Serikat dan memilih Buya Syafii Maarif dari Indonesia sebagai Internasional Man of Peace 2019.

Damien Dematra, founder dan director Festival Film Perdamaian ini mengungkapkan, pemberian ini dilakukan untuk mengapresiasi perjuangan Cheryl bagi perdamaian. Dijelaskan lebih lanjut oleh Damien, Cheryl pantas menerima penghargaan ini karena visinya untuk perdamaian mirip dengan peraih nobel perempuan pertama di dunia. Dimana dirinya merupakan seorang yang anti-perang dan menggunakan cara2 kreatif lewat film, seni dan berbagai inisiatif perdamaian di Afrika dan Asia untuk mempromosikan perdamaian.

“Sangatlah luar biasa bahwa Indonesia memilih untuk mengenang Baroness Bertha Sophie Felicita Von Suttner dan untuk mengakui saya sebagai wanita yang mengikuti jejaknya,” ucap Cheryl saat menjawab kesannya mendapatkan penghargaan tersebut.

World Peace Day, Cheryl Halpern & Buya Syafii Maarif Raih Penghargaan Perdamaian Internasional 1

Damien Dematra mengungkapkan pula bahwa pemberian penghargaan Tokoh Perdamaian secara khusus diberikan kepada Buya Syafii Maarif untuk mengapresiasi perjuangan Buya Syafii Maarif bagi perdamaian lintas suku, agama, ras dan antar golongan. Nilai toleransi yang tinggi telah diteladankan dan digaungkan tanpa jeda oleh Buya, kepada dunia yang majemuk ini.

Dalam pesannya Buya merasa terhormat atas apresiasi ini dan berterima kasih kepada para juri atas penghargaan tersebut. Di samping itu Buya juga menerima Pin Penghargaan sebagai Ambassador of Peace dari Visions of Peace (VOP) yang diserahkan oleh Natasha Dematra selalu direktur Asia untuk VOP. Pemberian Penghargaan dilakukan baru-baru ini dalam rangka merayakan Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh setiap ‪tanggal 21 September, yang merupakan inisiasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

World Peace Day, Cheryl Halpern & Buya Syafii Maarif Raih Penghargaan Perdamaian Internasional 2

Pada tahun-tahun sebelumnya, grup Festival bertema kemanusiaan ini yang berdiri sejak 9 tahun lalu, juga telah memberikan penghargaan pada Ir. Joko Widodo (Man of Inspiration 2014), Jimmy Carter (Man of Inspiration 2015), Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (International Woman of Change 2016), Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Menteri Sosial RI (International Woman of Change 2016), H.E. Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva, Duta Besar Rusia untuk Indonesia (Woman of Supreme Achievement 2019) dan masih banyak lagi tokoh-tokoh International.

Pada tahun ini, IFFPIE bekerja sama dengan Masyarakat Adat Nusantara (MATRA), Universitas AMIKOM Yogyakarta, International Festivals Group, pesantren-pesantren, dan Visions of Peace Awards, melangsungkan Upacara Perayaan Hari Perdamaian Sedunia dengan tema “Culture Brings Peace To Humanity” di beberapa tempat di Yogyakarta, Sleman, Sukabumi, Sragen, Sukoharjo dan Jakarta sepanjang bulan September ini.

Di samping penghargaan di atas, juga telah diberikan penghargaan khusus kepada film Battle of Surabaya sebagai Best Animation Film for Peace dan penghargaan khusus perdamaian kepada KPH Wiroyudho.

Acara ini dihadiri oleh pemenang dari manca negara, para Raja Sultan Nusantara, para pejabat Daerah, para relawan, aktivis, budayawan, penggiat perdamaian, rohaniawan, pemerhati sosial, seniman, dan mahasiswa.

World Peace Day, Cheryl Halpern & Buya Syafii Maarif Raih Penghargaan Perdamaian Internasional 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here