Xi: Reformasi Kita Yang Tentukan, Bukan Asing

58
Banner Top Article

Eksposisi – Dalam pidatonya dihadapan pejabat partai berkuasa, Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jingping mengatakan bahwa Tiongkok tetap pada pendiriannya dan akan mengikuti agenda kebijakan nasional meski mendapat tekanan dari Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya.

Pemerintah Tiongkok sejak lama telah diingatkan agar mereformasi sistem ekonominya agar tercipta persaingan yang sehat sekaligus mengurangi sokongan kepada industri-industri lokal.

Dalam pidato memperingati 40 tahun reformasi yang diluncurkan mendiang Deng Xiaoping, Xi mengatakan “tidak ada yang bisa mendikte orang China, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.”

Meski membicarakan visi China dimasa depan, namun pelaku pasar tidak mendapat petunjuk sedikitpun tentang ide baru apa yang ditawarkan Xi dalam mendongkrak perekonomian dan cara mengatasi tekanan perang dagang yang diluncurkan AS.

Sebaliknya beliau menegaskan bahwa Partai Komunis harus memperkuat kepemimpinannya dan mengendalikan keseluruhan aspek perkembangan negara.

“Apa dan bagaimana cara melakukan reformasi haruslah mengarah kepada perbaikan dan pengembangan sistem sosialis yang berkarakter China. Kita akan mereformasi apa yang harus dan bisa diubah, tapi kita tidak akan mereformasi apa yang tidak bisa diubah.” Tutup Xi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here