Home / Advertorial / Pemerintah / Politik

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 14:25 WIB

Anggota DPRD Apresiasi Pemkab Kutim Dalam Pengeloalaan Pelayanan Kependudukan

Basti Sanggalangi - Anggota DPRD Kutim

Basti Sanggalangi - Anggota DPRD Kutim

KUTAI TIMUR, eksposisi.com – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Basti Sanggalangi, mengungkapkan apresiasinya terhadap program pemerintah dalam pengelolaan dan pelayanan urusan kependudukan. Karena, proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kini menjadi lebih mudah dan sudah dapat dilakukan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Kutim.

Basti Sangalangi, yang juga merupakan Anggota Komisi A DPRD Kutim, menyambut baik langkah-langkah inovatif yang telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim dalam mempermudah proses administrasi kependudukan. Dia menilai bahwa perubahan ini sangat positif bagi masyarakat setempat.

“Saya dengar itu sudah ada lagi program yang mempermudah masyarakat dalam membuat atau mengurus KTP, sudah ada link lewat online yang digunakan untuk mempermudah,” ujar Basti Sanggalangi, pada Jumat (20/10/23)

Baca Juga :  368 Pedagang Dipindah ke Pasar Lapangan Pemuda Sukarame, Bupati Tinjau Aktivitas

Menurutnya, kebijakan yang memungkinkan cetak KTP di beberapa kecamatan di Kabupaten Kutim adalah langkah proaktif yang akan memberikan kemudahan bagi warga. Dengan adanya akses yang lebih dekat ke layanan ini, masyarakat tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh ke pusat administrasi untuk mendapatkan dokumen kependudukan penting ini.

“Kalau saya lihat, ada beberapa kecamatan yang sudah untuk mencetak KTP, sudah terpenuhi sepertinya, Kecamatan Muara Bengkal ada, di Kaliorang ada, kemudian di beberapa kecamatan lain yang sudah mencetak sendiri,” terangnya.

Baca Juga :  BRIDA Kukar Melakukan Seminar Efektivitas Pengelolaan Sampah, 6 Kelurahan dan Desa Jadi Sampel Penelitian

Ia juga meyatakan apresiasinya atas Langkah-langkah yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kutim. Pada upaya memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi masyarakat.

“Program ini kita berikan apresiasi, nah mudah-mudahan di tingkatkan lagi program itu, bagaimana tidak menyulitkan masyarakt dalam mengurus KTP, atau surat pindah atau akte lahir tau yang lainya,” pungkasnya.

Saat ini Disdukcapil Kutim telah meluncurkan layanan digital kependudukan berupa website resmi Disdukcapil dengan peluncuran program Siap Kawal Kutai Timur. Layanan digital ini dipersiapkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Komitmen Kembangkan Lumbung Pangan Daerah, Pemkab Kukar Bangun Usaha Tani

Advertorial

Pembangunan yang Dilakukan Dinas PU Kukar Bardampak Penting Bagi Kecamatan Tabang

Advertorial

Pemerintah Kecamatan Tenggarong Berikan Bantuan Lima Unit Ambulan Untuk Desa dan Kelurahan

Advertorial

Minimalisir Banjir, Dinas PU Kukar Usulkan Normalisasi Anak Sungai Tenggarong

Advertorial

Penanaman Pohon di Desa Bendang Raya, Tindaklanjut Gerakan Serentak di Seluruh Indonesia

Advertorial

Komisi I DPRD Kaltim Menggelar RDP Terkait Klaim Kepemilikan Lahan di GOR Kadrie Oening

Bisnis

Pemprov Kaltim Menggelar Gerakan Pangan Murah

Advertorial

Ramaikan Peringatan HUT ke-44 Kelurahan Sarijaya, Sejumlah Lomba Digelar