Home / Advertorial / Infrastruktur / Politik

Rabu, 27 September 2023 - 15:29 WIB

Bupati Edi Damansyah Hadiri Sidang Paripurna Istimewa Peringatan HUT ke-241 Kota Raja Tenggarong

Sidang Paripurna Istimewa Peringatan HUT ke-241 Kota Raja Tenggarong

Sidang Paripurna Istimewa Peringatan HUT ke-241 Kota Raja Tenggarong

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Sidang Paripurna Istimewa, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-241 Kota Tenggarong, di Gedung DPRD Kukar, pada Rabu (27/9/2023).

Sidang Paripurna Istimewa dengan tema “HUT Kota Tenggarong Ke-241 Kita Bangun Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Tradisi Budaya Menuju Kukar Idaman” dipimpin oleh Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, didampingi Wakil Ketua, Didik Agung, Siswo Cahyono, dan Alif Turiadi. Dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah.

Edi Damansyah mengatakan, Tenggarong sebagai Ibu Kota Kabupaten Kukar dan juga Pusat Pemerintahan Kukar, saat ini terus berbenah, dan melakukan perbaikan tata kota. Selain itu juga diiringi dengan peningkatan kualitas layanan, khususnya pada fasiltas umum, pendidikan, kesehatan, perdagangan dan jasa. Yang keseluruhannya didesain secara gradual dan terintegrasi dengan mengarah pada pembentukan karakter wilayah kota yang modern dengan tidak meninggalkan kearifan lokal.

Baca Juga :  Komisi III DPR RI Kunjungi Kukar, Bupati Paparkan Strategi Dalam Percepatan Pembangunan Wilayah

Hal ini merupakan bagian dari upaya bersama, untuk mewujudkan salah satu kebijakan pembangunan kewilayahan yang terdapat dalam RPJMD Kukar 2021-2026, yakni mewujudkan Tenggarong sebagai pusat sejarah dan budaya sebagaimana tertulis dalam Program Dedikasi Kukar Idaman

“Yakni Kukar Berbudaya, dimana Tenggarong ke depan akan menjadi kota yang identik dengan pengembangan budaya nusantara yang didukung dengan pelestarian peninggalan sejarah sebagai pemantik daya saing daerah untuk menjadi destinasi wisata unggulan di sekitar wilayah IKN,” ujar Edi Damansyah.

Ia pun memohon agar mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan di Kukar, sehingga dapat melaksanakan pembangunan secara bertahap dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki saat ini.

Baca Juga :  Kesan Ketua DPRD Kukar pada HUT ke-241 Tenggarong, Pembenahan dan Penataan Terus Dilakukan

Salah satunya saat ini Pemkab Kukar memiliki ruang gerak pembangunan yang lebih luas dengan APBD yang lebih besar, yakni diperkirakan mencapai Rp12 triliyun pada 2024.

Potensi Pendapatan ini, diharapkan dapat dioptimalkan bagi pembangunan Kota Tenggarong secara proporsional. Sejumlah proyek strategis yang pemkab Kukar laksanakan 2023 hingga 2024 adalah Pembangunan Pasar Semi Modern Tangga Arung, pembangunan Kawasan Jembatan Kukar. Serta fasilitas pendukung seperti Taman Tepi Sungai Mahakam, Landmark Kota Tenggarong serta Gedung Ekonomi Kreatif, perluasan jalan-jalan utama Tenggarong, perbaikan dan revisioning Pulau Kumala Tenggarong.

“Diharapkan proyek-proyek strategis ini dapat berjalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan akan memberikan nilai tambah terhadap eksotisme Kota Tenggarong sebagai Kota Sejarah dan Budaya di Kaltim,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

DPRD Kaltim Libatkan Perusahaan Media Dalam Penilaian BK Award

Hukum - Kriminal

Kejari Kukar Tangkap Anggota DPRD Terkait Kasus Pemalsuan Surat Tanah

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kaltim Ingatkan Agar Alih Fungsi Lahan Bekas Tambang Untuk Wisata Utamakan Tanggung Jawab

Advertorial

Dinas PU Kukar Akan Melakukan Pemutakhiran SK Ruas Jalan

Advertorial

Pemkab Kukar Berikan Bantuan kepada Kelompok Nelayan di Muara Wis

Infrastruktur

Gubernur Isran Noor Dorong Perusahaan Membantu Bangun Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Sekitar Wilayah Operasi

Advertorial

8 Titik Jalan Pertanian di Kukar Ditingkatkan, Target Akhir Tahun 2023 Rampung Sepanjang 32,55 Kilometer

Advertorial

BPBD Kukar akan Membangun Pos Pemadam Kebakaran di Sejumlah Kecamatan