Home / Advertorial / Pemerintah / Politik

Jumat, 20 Oktober 2023 - 20:04 WIB

Dukung Tahapan Pemilu 2024, Pemkab Kukar Beri Dana Hibah kepada KPU dan Bawaslu

Serah terima naskah belanja hibah dari Pemkab kepada KPU dan Bawaslu Kukar

Serah terima naskah belanja hibah dari Pemkab kepada KPU dan Bawaslu Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kukar menandatangani naskah belanja hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Penandatanganan bersama itu dilakukan di Pendopo Odah Etam yang disaksikan oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pada Jumat (20/10/2023).

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengatakan penandatanganan naskah belanja hibah dari Pemkab ini merupakan bagian dari demokrasi, terutama dalam mendukung tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Tentunya penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu sudah melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehingga, berjalan dengan baik,” ujar Edi Damansyah.

Penandatanganan naskah belanja hibah ini juga sesusai mekanisme dan sudah diatur dalam perundangan yang berlaku. Pemkab Kukar juga tengah berkomitmen untuk merealisasikannya kepada KPU dan Bawaslu di daerah. Kemudian diiringi juga belanja hibah Polres dan Kodim 0906/KKR yang berkaitan dengan pengamanan pemilu.

Baca Juga :  Konsultasi Terkait Regulasi Guru PPPK dan ASN, Komisi IV DPRD Kaltim Melakukan Kunjungan Kerja ke Kemendikbudristek

“Saya berharap naskah belanja hibah yang sudah ditandatangani ini dapat dipergunakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan sistem pelaporan serta pertanggungjawaban juga harus dilaksanakan dengan baik. Sehingga, tetap menjaga tata kelola keuangan terus membaik. Karena setiap tahunnya diaudit dan mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesi (RI),” jelasnya.

Pemkab Kukar bersama Forkopimda juga terus membangun sinergitas untuk mensukseskan pesta demokrasi di daerah. Bahkan, dinamika di lapangan yang terihat juga terkendali dengan baik.

Baca Juga :  Peringatan HUT PGRI ke-77, Disdikbud Kukar Menggelar Senam Guru Idaman

“Saya berharap sinergitas yang selama ini kita bangun, terus ditingkatkan dan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dalam hal ini, Pemkab Kukar juga memiliki peran yang diamanahkan undang-undang untuk membangun demokrasi agar berjalan dengan baik. Namun, Membangun demokrasi ini juga menjadi tanggung jawab bersama. Bahkan dalam upayanya, Pemkab Kukar terus memberikan edukasi demokrasi kepada masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

“Ini sudah berjalan di setiap kecamatan. Saya juga minta para camat dibantu pihak Koramil setempat agar terus bersinergi memberikan edukasi demokrasi kepada masyarakat,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Disdikbud Kukar Apresiasi Festival Tari Gandrung di Kelurahan Maluhu

Advertorial

Kawasan Sekitar Jembatan Kutai Kartanegara Terus Dibanahi Untuk Mempercantik Tenggarong

Advertorial

Sejumlah Kegiatan Dilakukan Guru di Tenggarong Meriahkan Peringatan HGN dan HUT PGRI

Advertorial

SDN 002 Tenggarong Tanamkan Budaya Tertib Buang Sampah Sejak Dini

Advertorial

SDN 015 Tenggarong Berpartisipasi Tampilkan Kerajinan Siswa di Stan Expo Sekolah

Advertorial

Festival dan Pasar Rakyat Loa Janan Sukses Digelar, Dispar Kukar Harapkan Kekraf di Kecamatan Lain Termotivasi

Advertorial

Pemkab Kukar Terus Berupaya Perbaiki Kekurangan Hasil Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK RI

Advertorial

Anggota DPRD Kaltim Minta Dilibatkan Dalam Penyusunan Perubahan Undang-Undang Terkait IKN