Home / Ekonomi

Senin, 20 Juni 2022 - 19:09 WIB

Maknai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT MHU Gelar Seminar Satu Bumi untuk Masa Depan

SAMARINDA, eksposisi.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Multi Harapan Utama (MHU) menyelenggarakan seminar #OnlyOneEarth: Satu Bumi untuk Masa Depan yang berlangsung di Hotel Harris, Samarinda (16/6/2022).

Seminar dengan tajuk “Pengelolaan Air Limbah Kegiatan Pertambangan Menggunakan Metode Lahan Basah Buatan” ini menghadirkan beberapa pembicara, yakni Direktur Pengendalian Pencemaran Air Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), C.H. Nety Widayati. Subkoordinator Perlindungan Lingkungan Batubara KESDM, Tiyas Nurcahyani. Serta Akademisi Institut Pertanian Bogor,  Dr. Indika Mansur, M.For.SC.

Kepala Teknik Tambang PT MHU, Aris Subagyo  mengatakan bahwa seminar ini merupakan upaya untuk memaknai Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menggali ilmu dari para ahli guna mendapatkan pengetahuan yang diharapkan dapat diterapkan pada upaya perlindungan lingkungan yang dilakukan perusahaan.

Baca Juga :  SDN 018 Tenggarong Menampilkan Karya Seni dan Inovasi Ecobrick di Stan Peringatan HGN dan HUT ke-78 PGRI

“Kita sama – sama menggali ilmu dari para narasumber yang disebut amazing speaker. Beliau adalah pembicara – pembicara yang levelnya tidak diragukan lagi untuk kapabilitas dan juga kompetensianya sehingga, kita bisa gunakan ini secara praktis di lapangan”, kata Aris.

Sementara itu Direktur Teknik dan Lingkungan, Mineral dan Batubara selaku Kepala Inspektur Tambang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Sunindyo Suryo Herdadi, mengungkapkan bahwa menjaga keberlangsungan lingkungan hidup merupakan sebuah keniscayaan.

“Pemulihan lingkungan merupakan kewajiban bagi kita semua, para pelaku industri ekstraktif dalam rangka menjaga keberlanjutan pembangunan khususnya dari subsektor kegiatan pertambangan mineral dan batubara”, terang Sunindyo dalam sambutannya.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan sebuah momen untuk menegaskan bahwa pelaksanaan perlindungan lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya seminar lingkungan hidup. Upaya ini dilakukan sebagai inisiasi meningkatkan kepedulian dan budaya inovatif dalam mewujudkan keberlanjutan yang berwawasan lingkungan.

Baca Juga :  Tokoh Pemuda Kutai Barat Frederick Edwin Beri Bantuan 450 Paket Sembako Bagi Korban Banjir di Muara Lawa

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan pada tanggal 5 Juni oleh United Nations of Environment Programme (UNEP) pada Konferensi Stockholm 1972 merupakan Hari Lingkungan Hidup. Tahun ini, berdasarkan Website World Environment Global, peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2022 mengangkat tema #OnlyOneEarth.

Dengan tema ini diharapkan masyarakat bumi mampu menyadari bahwa tempat yang dapat kita tinggali dan jaga hanyalah bumi di antara jutaan planet di berbagai galaksi pada alam semesta ini.

PT Multi Harapan Utama (MHU) adalah perusahaan pertambangan batubara yang beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Share :

Baca Juga

Bisnis

PT MHU-MMSGI Memberikan Bantuan Logistik Senilai Rp500 Juta kepada Korban Gempa di Cianjur

Bisnis

Perusahaan Pengelola Sirkuit Mandalika Merugi Rp100 Miliar, Kementerian BUMN Anggap Wajar

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Soroti Perubahan Undang-undang Terkait Keuangan Pusat dan Daerah

Bisnis

Pemerintah Didorong Hadirkan Kepabeanan di Muara Jawa untuk Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Ekonomi

Wabup Rendi Solihin Ajak Masyarakat Tiru Desa Muara Siran Dalam Hal Pelestarian Lingkungan

Bisnis

Januari Hingga April, Total Ekspor Non Migas Kaltim ke Uni Eropa Mencapai 191,78 Juta Dolar

Bisnis

Bupati Kukar Resmikan Rumah Cokelat Binaan PT MHU, Apresiasi Kerjasama Masyarakat dan Swasta

Advertorial

APBD Kaltim Meningkat Drastis, Anggota DPRD Kaltim Ingatkan Pemprov Perhatikan Isu Krusial Untuk Ditangani