Home / Advertorial / Infrastruktur / Pemerintah

Selasa, 24 Oktober 2023 - 18:29 WIB

Bidang BinaMarga Dinas PU Kukar Kerjakan Jalan dan Jembatan Senilai Rp869 Miliar Tahun 2023

Linda Juniarti - Kabid Bina Marga Dinas PU Kukar

Linda Juniarti - Kabid Bina Marga Dinas PU Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di daerah terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Hal itu bertujuan untuk memberikan akses yang nyaman bagi masyarakat, termasuk juga memudahkan mobilitas barang dan manusia.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Linda Juniarti mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Bupati Kukar, total ada sepanjang 2.193,02 kilometer jalan milik daerah, terdiri dari 655 ruas jalan.

Dari total panjang jalan, 61,68 persen sudah berstatus mantap dengan panjang 1.352,65 kilometer. Sedangkan 38,32 persen sisanya, berstatus tidak mantap dengan panjang 840,37 kilometer.

Peningkatan jalan berstatus mantap ini dikerjakan secara bertahap, mengingat ketersediaan anggaran yang cukup terbatas. Seperti pada tahun 2023 ini, Dinas PU Kukar khususnya di bidang Bina Marga mendapat anggaran senilai Rp869 miliar untuk penyelenggaraan jalan dan jembatan. Diantaranya, peningkatan, pembangunan dan rehabilitasi.

Baca Juga :  Wakil Ketua DPRD Kukar Apresiasi Penanganan Stunting yang Dilakukan Pemkab

“Jadi tahun ini anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Bantuan Keuangan (Bankeu), DAU dan DBH,” kata Linda.

Khusus dari Bankeu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim), Kukar mendapatkan anggaran senilai Rp15 miliar. Anggaran itu digunakan untuk empat kegiatan yang berupa rekontruksi dan rehabilitasi jalan.

Sasarannya adalah untuk rekontruksi Desa Batu Batu-Desa Saloo Cela, rekontruksi jalan Kecamatan Muara Muntai, rehabilitasi jalan Kecamatan Sebulu dan rehabilitasi jembatan di Desa Rantau Hempang, Kecamatan Muara Kaman.

Kemudian dari DAU, Kukar mendapatkan anggaran senilai Rp15,8 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk rehabilitasi Jalan Betutu Tenggarong, pembangunan drainase di Kelurahan Sangasanga dalam dan Sarijaya, rehabilitasi jalan Kecamatan Marangkayu, rehabilitasi jalan Desa Loleng, rehabilitasi jalan Desa Purwajaya, Rehabilitasi jalan penghubung Desa Menamang Kanan dan rehabilitasi jalan poros Desa Loa Janan Ulu.

Baca Juga :  Hasil Pengembangan Produksi Garam Belum Maksimal, Pemdes Desa Kersik Ingin Pendampingan Tenaga Ahli

Seluruh kegiatan itu pun sudah rampung 100 persen pada bulan September 2023 lalu. Sedangkan untuk DBH, Kukar mendapatkan anggaran senilai Rp19,7 miliar. DBH itu digunakan untuk infrastruktur jalan di kawasan perkebuban kelapa sawit.

Pembangunan jalan kelapa sawit ini rencananya akan dikerjakan pada tahun 2024 mendatang. Hal itu dikarenakan waktu pengerjaannya yang tidak sempat lagi di tahun 2023 ini. Sehingga, diajukan untuk dikerjakan pada tahun mendatang.

“Jadi di kerjakan pada tahun 2024 mendatang, untuk kegiatannya di Kecamatan Muara Badak,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Infrastruktur

Pemkab Kukar Anggarkan Rp6 Miliar untuk Program Bedah Rumah Tahun 2022

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Menanggapi Masalah Pembangunan Masjid dan Pasar di Sangatta Selatan

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Desak Pemkab Tambah Anggaran untuk Pemadam Kebakaran

Advertorial

APBD Kaltim Meningkat Drastis, Anggota DPRD Kaltim Ingatkan Pemprov Perhatikan Isu Krusial Untuk Ditangani

Infrastruktur

Jalan Wilayah Perbatasan Rusak Parah, Wakil Bupati Mahulu Harapkan Perhatian Pemerintah Pusat

Advertorial

Pemkab Kukar Prioritaskan Sektor Perikanan, Bantuan Fasilitas Gencar Disalurkan

Advertorial

Disdikbud Kukar Berencana Pamerkan Hasil Kreativitas dan Inovasi Anak Sekolah Dengan Menggandeng Diskop dan Disperindag

Advertorial

Dorong Percepatan Penerapan SPBE di OPD, Kadiskominfo Kukar Buat Terobosan Baru Bernama LOBI KU