Home / Advertorial / Pemerintah / Serba Serbi

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 13:42 WIB

Desa Batuah Kembangkan Agrowisata Perkebunan Elai, Tiga Varietas Buah Endemik khas Kalimantan Tersedia

Pengunjung merasakan sensasi memetik buah elai langsung dari pohonnya

Pengunjung merasakan sensasi memetik buah elai langsung dari pohonnya

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Salah satunya, sektor pariwisata yang berbasis agrowisata perkebunan elai.

Desa Batuah memang menjadi salah satu desa yang banyak memiliki perkebunan buah elai yang melimpah. Bahkan, perkebunan buah elai di Desa Batuah ini terus berkembang hingga dibentuk menjadi lokasi wisata yang bernama Desa Wista Benua Elai atau Dewi Belai

Buah edemik khas Kalimantan yang ada di Desa Batuah ini juga memiliki tiga varietas ungggulan dan telah di daftarkan di Menteri Pertanian.

Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid mengatakan, pada tahun 2016, varietas elai yang didaftarkan bernama Elai Batuah. Kemudian di tahun 2017, disusul dengan varietas Elai Kutai dan di tahun 2019, varietas Elai Mahakam. Bahkan, varietas Elai Mahkam ini memiliki citarasa yang berbeda dan sudah di kenal di mancanegara.

Baca Juga :  Waspadai Malaria di Kawasan IKN, Sejumlah Upaya Pencegahan Dilakukan

Kini, Dewi Belai ini juga menjadi agrowisata unggulan dan ikon di Desa Batuah. Dengan letak yang strategis dikelilingi oleh Kota Samarinda, Balikpapan dan Ibu Kota Nusantara (IKN), agrowisata Dewi Belai ini diyakini dapat menjadi data tarik dan banyak mendatangkan wisatawan. Apalagi pada saat IKN sudah beroperasi di Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca Juga :  Pemkab Kukar Alokasikan Dana Pendidikan Tahun 2023 Sebesar Rp1,5 Triliun

“Kalau konsep ini kita lakukan sama-sama, ada pihak swasta dan pemerintah, maka kami menjamin program ini akan berjalan maksimal,” kata Abdul Rasyid.

Dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam pengembangan wisata ini dinilai cukup penting, terutama dari sisi promosi, pembangunan infrastruktur hingga memberikan kajian dalam pengembangannya.

Bahkan, saat ini pemerintah desa juga terus mendorong untuk percepatan pembangunan infrastruktur menuju Dewi Belai yang berlokasi di kilometer 30 jalan poros Samarinda-Balikpapan.

“Lokasi-lokasi wisata yang ada di Desa Batuah kami ingin infrastrukturnya bagus, salah satunya Dewi Belai ini kita masukan ke Musrenbang,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Jalankan Program Pengembangbiakan Hewan Ternak Melalui Inseminasi Buatan, Pemkab Kukar Suntikan 1.400 Dosis Semen Beku ke Sapi Jantan

Advertorial

Taman Palagan Simbol Kota Juang akan Direvitalisasi Tahun 2023

Advertorial

Beri Apresiasi SKPD Dalam Menyajikan Laporan Keuangan yang Baik, Pemkab Kutim Menggelar Akuntansi Award 2023

Pemerintah

Wabup Rendi Solihin Serahkan Handsprayer untuk Petani di Kecamatan Samboja

Advertorial

Rakerda Kepala Desa se-Kukar Resmi Ditutup

Advertorial

Pembangunan Pabrik Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak Dapat Dukungan Masyarakat

Advertorial

Peringatan HUT PGRI ke-77, Disdikbud Kukar Menggelar Senam Guru Idaman

Advertorial

Festival Sebulu 2023 Hadirkan D’Bagindas, Wabup Rendi Solihin Membuka Acara Secara Resmi