Home / Advertorial / Pemerintah

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 21:28 WIB

DPMD Kukar Gelar Tes Tertulis Rekrutmen Pendekar Idaman

Ratusan peserta tes tertulis rekrutmen Pendekar Idaman Kukar yang diselenggarakan DPMD Kukar. (Istimewa)

Ratusan peserta tes tertulis rekrutmen Pendekar Idaman Kukar yang diselenggarakan DPMD Kukar. (Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – ┬áSetelah melalui proses pendaftaran dan seleksi berkas, akhirnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar tes tertulis, untuk rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional (Pendekar Idaman). Sebanyak 443 peserta mengikuti ujian tersebut, di Gedung Beladiri GOR Aji Imbut Tenggarong Seberang, Sabtu (15/10/2022).

443 peserta tersebut, dibagi menjadi tiga formasi yang dicari oleh DPMD Kukar. Yakni 32 peserta yang akan berebut 4 posisi Tenaga Ahli yang ditempatkan di kabupaten. 109 peserta untuk mengisi 40 posisi Tenaga Pendamping Kecamatan, tiap kecamatan akan dihuni 2 tenaga pendamping.

Baca Juga :  Wabup Rendi Solihin Ajak Generasi Muda Berkolaborasi Membangun Kukar

Sementara untuk Tenaga Pendamping Kelurahan dan Desa, total sebanyak 302 peserta yang mengikuti ujian, untuk mengisi 237 tenaga pendamping. Tiap kelurahan dan desa akan diisi oleh 1 tenaga pendamping. Dengan total kelurahan dan desa di Kukar yang mencapai 193 desa dan 44 kelurahan.

Terkait tugas ketika dipilih dan ditetapkan sebagai tenaga ahli kabupaten dan pendamping kelurahan/desa dan kecamatan. Diharapkan mampu memberikan pendampingan secara maksimal dimana mereka ditempatkan. Mulai dari tahap perencanaan, eksekusinya hingga proses pelaporan pertanggungjawabannya.

“Sehingga semua tepat sasaran dan langsung menyentuh masyarakat, tiada kesalahan, itu harapan kita,” kata Kepala DPMD Kukar, Ariyanto.

Baca Juga :  Bupati Edi Damansyah Tinjau Pusban Loa Tebu Usai Dilakukan Perbaikan

Seperti tugas Tenaga Pendamping di Kelurahan dan Desa, mereka akan mengawasi dan mendampingi program dedikasi Kukar Idaman yang ditetapkan dalam RPJMD Kukar 2021-2026. Sebut saja, program Terang Kampongku, penyediaan kebutuhan dasar air bersih, hingga penggunaan program Rp50 juta per RT.

Tak terkecuali pendampingan pengalokasian dana transfer berupa desa ke masing-masing desa. Memastikan Dana Desa yang diberikan oleh pemerintah kabupaten bisa tepat sasaran dan berkesesuaian dengan RPJMD Kukar 2021-2026.

“Teman-teman pendamping yang mengarahkan susunan APBDes-nya sehingga ADD betul-betul terarah pencapaian RPJMD kita,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pemkab Kukar Anggarkan Rp4,5 Miliar untuk Program 1.000 Guru Sarjana

Advertorial

Distanak Kukar Datangkan Ratusan Sapi untuk Penuhi Kebutuhan Komsumsi dan Tambah Populasi Ternak Daerah

Advertorial

Pemkab Kukar Matangkan Persiapan untuk Mensukseskan MTQ ke-43

Advertorial

Kunjungi Desa Rapak Lambur, Wabup Kukar Bagikan 50 Paket Sembako Bagi Lansia

Advertorial

Hasil Seleksi Rekrutmen Pendekar Idaman Sudah Diumumkan, Peserta yang Lulus Diminta Registrasi Ulang

Advertorial

Konsultasi Raperda Tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Pansus DPRD Kaltim Kunjungi MPR RI

Advertorial

Pemkab Kukar Tetapkan 21 Lokasi Fokus Pencegahan Stunting

Pemerintah

Pemkab dan DPRD Kukar Sepakati Tiga Raperda Menjadi Perda