Home / Infrastruktur / Pemerintah / Politik

Kamis, 1 Juni 2023 - 14:05 WIB

Progres Pembangunan IKN Mencapai 29 Persen, Menteri PUPR Targetkan Beberapa Bangunan Selesai Juli 2024

JAKARATA, ekspsosisi.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan, progres pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mencapai 29 persen. Dia meargetkan, beberapa bangunan selesai pada Juli 2024 mendatang agar dapat segera dipakai sebagaimana fungsinya.

“Progresnya sekitar 29 persen, kita targetkan beberapa bangunan itu selesai Juli 2024, sehingga Agustus bisa dipakai upacara (Kemerdekaan),” kata Basuki Hadimuljono, pada Kamis (1/6/2023).

Sejumlah kantor ditargetkan selesai dalam waktu cepat, seperti kantor presiden, kantor para menteri koordinator, terutama kantor kementerian Pekerjaan Umum (PU)

“Kantor PU (harus selesai), karena saya yang harus pindah pertama kali,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Kutim Beri Pesan Pada Moment Upacara Hari Santri Nasional

Lebih lanjut, menteri multitalenta ini pun berharap dari segi perairan hingga sanitasi juga dapat selesai dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Prioritas Nasional Bappenas Sumedi Andono Mulyo ungkap, tahap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digadang-gadang akan menjadi Ibu Kota Indonesia menggantikan DKI Jakarta.

Pada tahap pertama periode 2022-2024, sejauh ini sudah mempersiapkan sejumlah aspek kebutuhan kelembagaan otoritas dan sosialisasi pihak terkait.

“Sementara untuk pembangunan infrastruktur dan lingkungan, kami telah membangun infrastruktur transportasi, persampahan, air minum, drainase, TIK, listrik, fasum-fasos, perumahan. Selanjutnya konservasi hutan dan satwa,” jelas dia, di Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga :  Terima Bantuan Sapras dan Laptop dari Disdikbud Kukar, SMPN 6 Tenggarong Siap Jadi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi

Untuk pembangunan industri dan pusat ekonomi sendiri tengah diupayakan untuk memikat pelaku industri pelopor atau anchor tenant serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pembangunan pertahanan dan keamanan telah dipenuhi sekitar 15 sampai dengan 20 persen. Pembangunan ini bersifat simbol dan sistem hankam di KIPP dan sebagian KIKN atau wilayah IKN secara penuh,” pungkasnya.

Mewakili pihaknya, Sumedi mengatakan bahwa proses pemindahan sejumlah tenaga Aparatur Sipil Negara, TNI, Polri, PNA, dan OI juga sudah mulai berangsur. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

25 Rancangan Perda Masuk di Propemperda, Bapemperda DPRD Kukar Targetkan Selesai 100 Persen Disahkan 2023

Advertorial

Pemkab Kukar Menggelar Rapat Pemantapan Persiapan BBGRM Tingkat Provinsi Kaltim

Advertorial

Kesbangpol Kutim Menggelar Sosialisasi Netralitas Perangkat Desa

Advertorial

Meriahkan HUT ke-78 RI, Ketua DPRD Kukar Menggelar Lomba Layangan Aduan

Advertorial

Pemkab Kukar Lakukan Evaluasi Kinerja, 4 OPD Paparkan Kinerja dan Target kepada Bupati dan Wabup

Advertorial

Jalan Poros Kota Bangun-Tabang Ditargetkan Mulus di Tahun 2025 Mendatang

Advertorial

Fasilitasi dan Berikan Ruang Pelaku Seni, Disdikbud Kukar Akan Menggelar Event Ekspresi Budaya

Advertorial

Bupati Cup Bola Voli Kutim Resmi Dibuka Bupati Kutim