Home / Ekonomi / Pemerintah / Serba Serbi

Minggu, 9 Juli 2023 - 17:20 WIB

Sejumlah Paguyuban dan Sanggar Tari Ramaikan Kirab Kukar Festival Budaya Nusantara 2023

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), menggelar Kukar Festival Budaya Nusantara tahun 2023 yang ditandai dengan kegiatan pawai kirab budaya pada Minggu (9/7/2023).

Kirab budaya tersebut disaksikan Bupati Kukar, Edi Damansyah di halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Peserta kirab budaya, terdiri dari berbagai macam paguyuban, sanggar tari, dan komunitas seni budaya yang ada di wilayah Kabupaten Kukar ini menampilkan aktraksi dan kebolehannya dihadapan Bupati Kukar.

Kegiatan tersebut, diawali Tepong Tawar (mohon keselamatan/kelancaran) oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin kepada Bupati Edi dan unsur Forkopimda Kukar lainnya.

Edi Damansyah mengatakan, Pemkab Kukar akan terus berkomitmen dan menghargai setiap aktivitas kerja insan-insan kreatif yang telah berpartisipasi positif menghadirkan karya-karya yang bernilai tinggi dan bermanfaat bagi pencapaian tujuan pembangunan di daerah.

Baca Juga :  Pemerintah Kecamatan Loa Kulu Akan BAngun TPA Baru di Desa Jembayan Tengah

“Selain melestarikan seni budaya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong ekonomi kreatif dan pembangunan pariwisata,” ujar Edi Damansyah.

Ia menjelaskan bahwa agenda Pariwisata, Kukar Festival Budaya Nusantara ini adalah bagian bentuk komitmen bersama untuk tetap eksis menunjukan, bahwa Kukar masih mampu menjaga capaian prestasi yang telah diraih sebagai kabupaten/kota kreatif, dengan ekosistem terbaik di luar Pulau Jawa, dengan sektor unggulan seni pertunjukan, musik dan film.

“Oleh karena itu melalui kirab budaya ini, mari kita tunjukkan kepada masyarakat dan dunia luar bahwa Kukar siap dan mampu berkiprah dan menjadi salah satu destinasi wilayah pariwisata yang menyenangkan dan menghibur, aman dan tertib, santun dan sopan sekaligus mampu memberikan sajian pertunjukan seni dan budaya yang kreatif dan inovatif di bidang pembangunan kepariwisataan di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Kukar Optimis Empat Rancangan Perda Lagi Bisa Disahkan Tahun 2023

Kukar Festival Budaya Nusantara merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pemkab Kukar selama satu dekade dengan pelaksanaan pertama tahun 2013 bernama Erau Adat Kutai dan Internasional Folk Arts Festival (EIFAF). Kemudian berubah menjadi Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF). (kkr)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Berusia 24 Tahun, Kabupaten Kutim Dinilai Anggota DPRD Belum Mandiri Secara Fiskal

Advertorial

Respon Cepat, Pemkab Kukar Anggarkan Rp13 Miliar untuk Perbaikan Jembatan Sambera

Advertorial

Program Bantuan Rp50 Juta Berbasis RT di Kelurahan Maluhu Dapat Dirasakan Langsung Manfaatnya

Serba Serbi

Gerakan Sedekah Rombongan Kukar Sediakan Warung Makan Gratis

Advertorial

Hasil Perikanan Melimpah, Olahan Ikan Asin Menjadi Potensi Unggulan Desa Semayang

Pemerintah

Kementerian PANRB Prioritaskan Percepatan Transformasi Layanan Aparatur Negara

Advertorial

Pembangunan Oprit Jembatan Sebulu Akan Dikerjakan di Tahun 2024

Advertorial

Bupati Kutim : Akuntansi Award Merupakan Wujud Komitmen Sajikan Laporan Keuangan Pemerintah Secara Baik