Home / Advertorial / Pemerintah

Kamis, 6 Oktober 2022 - 13:42 WIB

86 Kepala Desa Periode 2022-2026 akan Dilantik Bupati Kukar

Arianto - Kepala DPMD Kukar

Arianto - Kepala DPMD Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Pada Tanggal 14 September 2022, Kabupaten Kutai Kartanegara telah melaksanakan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Sebanyak 86 kepala desa di 16 kecamatan terpilih memimpin desa periode 2022-2026.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto menjelaskan Kepala Desa terpilih akan dilantik pada tanggal 14 Oktober 2022. Bupati Kukar Edi Damansyah akan melantik secara langsung para Kades tersebut di Gedung Putri Karang Melenu (PKM), Kecamatan Tenggarong Seberang.

Baca Juga :  Dikunjungi Wabup Kukar, Kepala Desa Muara Pantuan Sampaikan Penyediaan Air Bersih dan Listrik PLN Paling Dibutuhkan

“Sampai dengan saat ini persiapan lancar, sudah diinformasikan ke pihak terkait. Dalam hal ini pihak kecamatan, desa yang bersangkutan, pejabat kepala desa, BPD, panitia dan kades terpilih boleh didampingi istri, suami, atau keluarga,” ungkap Arianto.

Arianto menjelaskan meski 86 Kades ini telah ditetapkan, masih ada kendala dalam proses penetapan Kades di dua desa. Yakni Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong dan Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu. Kendalanya berhubungan dengan penanganan sanggahan dan aduan hasil Pilkades. Hingga saat ini sengketa ini tengah berproses di Peradilan Tata Usaha Negeri (PTUN).

Baca Juga :  Maksimalkan Potensi Lokal, Pembentukan Kepengurusan Kekraf Kecamatan Terus Dikebut

“Dalam proses pemungutan dan penghitungan itu tidak menjadi masalah kemarin dan Kades terpilih sempat ditetapkan karena tidak ada permasalahan. Tapi kendala yakni permasalahan yang dianggap memiliki penyimpangan-penyimpangan dan pelanggaran dalam proses kampanye dan lain-lain. Tentu ini juga kita sikapi, kita respon baik yang dilaporkan oleh pihak desa,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Dishub Kukar Menggodok Perbup Terkait Izin Penyelenggaraan Angkutan Karyawan

Advertorial

Bupati Kutim Melakukan Audiensi Bersama Jajaran Lapas Kelas II Bontang

Advertorial

Pemkab Kukar Upayakan Petani dan Nelayan Bisa Mendapatkan BBM Bersubsidi dengan Mudah

Advertorial

5 Atlet Kempo Kukar Toreh Prestasi di Jepang, Wabup Rendi Solihin Komitmen Berikan Bonus

Advertorial

Pemkab Kukar Salurkan Bantuan dari Pemerintah Pusat kepada 16.400 Nelayan

Advertorial

TPA di Kecamatan Loa Kulu Akan Dibangun Dinas PU Kukar di Kawasan Desa Jembayan Tengah

Advertorial

Bunda PAUD Kukar Sebut Peran Aktif Orang Tua dalam Mendidik Anak Sangat Penting

Advertorial

Bupati Kukar Serahkan Bantuan Pupuk dan Bibit Jahe Bagi Warga di Kecamatan Sebulu