Home / Advertorial / Infrastruktur / Pemerintah / Politik

Rabu, 25 Oktober 2023 - 18:43 WIB

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Soroti Sejumlah Aset Pemprov yang Tidak Terurus

Salehuddin - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim

Salehuddin - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim

KALIMANTAN TIMUR, eksposisi.com – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Salehuddin menyoroti sejumlah aset bangunan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) tidak terurus, dan perawatan aset tidak dikelola dengan baik.

Salehuddin menilai aset daerah itu terbengkalai. Padahal, pembangunan aset itu bernilai hingga miliaran rupiah, seperti Stadion Utama Palaran Samarinda.

Ia menyatakan Pemprov Kaltim masih berpeluang untuk bisa memanfaatkan aset mangkrak itu secara maksimal sehingga memberikan keuntungan bagi pendapatan asli daerah (PAD).

“Syaratnya, aset-aset terbengkalai harus dikelola dengan baik oleh Pemprov Kaltim. Hasil dari pemanfaatan aset itu pun ke depan bisa digunakan untuk pembangunan,” ujar Salehuddin.

Baca Juga :  Hasil Dengar Aspirasi Saat Reses, Anggota DPRD Kukar Serahkan Bantuan Perlengkapan Bagi Kelompok Masyarakat

Menurutnya, Pemprov Kaltim harus mampu menangkap peluang agar aset-aset ini bisa bermanfaat. Ia mencontohkan, pemanfaatan Stadion Utama Palaran Samarinda bisa dimanfaatkan dengan menggandeng pihak swasta.

Tujuannya agar stadion seluas 88 hektare dengan kapasitas 67.075 orang penonton ini tidak terbengkalai berkelanjutan. Saat ini, kondisi stadion tampak tidak terawat usai Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2008 lalu.

“Stadion Utama Palaran, itu kan bisa dimanfaatkan. Tapi, beban pemeliharaannya luar biasa besar, seperti listrik dan segala macam itu nggak sedikit anggaran yang digunakan,” ujarnya.

Baca Juga :  Sempat Vakum karena Covid-19, Kesbangpol Kukar kembali Jalankan Fungsinya ke Sekolah

Ia pun mendorong pemerintah untuk memaksimalkan pemanfaatan Stadion Utama Palaran. Solusinya antara lain dengan mengomersialkan stadion itu agar memberikan keuntungan bagi daerah dan mengurangi beban biaya pemeliharaan.

“Harapannya pemerintah responsif terhadap kondisi aset yang tidak berfungsi maksimal. Agar aset tersebut bisa dibenahi sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk turut beraktivitas di sekitar aset tersebut,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pemkab Kukar Beri Bonus kepada 4 Atlet Asal Kukar yang Berprestasi di SEA Games Kamboja

Advertorial

SDN 002 Tenggarong Tanamkan Budaya Tertib Buang Sampah Sejak Dini

Advertorial

Tujuh Pokdarwis Bakal Mendapat Bantuan Sarpras dari Dispar Kukar

Advertorial

DPRD Kukar Sosialisasi Program ke Masyarakat Melalui Podcast

Advertorial

Bupati Kukar Bersama Jajaran Bergotong Royong Membersihkan Jalan Poros yang Berlumpur

Advertorial

Peningkatan Infrastruktur Jalan Terus Dilakukan Pemkab Kukar, 14 Desa di Sebulu Turut Disasar

Advertorial

Disdikbud Kukar Menggelar Pembekalan Penguatan Bagi Calon Peserta PPG Tingkat PAUD

Advertorial

Bupati Kukar Menyerahkan Sertifikat Tanah Program PTSL kepada Warga Kelurahan Maluhu