Home / Uncategorized

Rabu, 13 Januari 2021 - 21:16 WIB

Banjir Rendam Rumah Warga Kukar, Ribuan Jiwa Terdampak

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Sekitar 4.352 jiwa dari 1.185 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Muara Kaman dan Sebulu terdampak banjir. Setelah diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi, sejak sore hari. Bahkan ada sebagian kepala keluarga yang harus mengungsi di salah satu masjid, untuk sementara waktu.

Hujan deras yang serentak terjadi pada Kamis (13/1/2022) malam kemarin, tepatnya terjadi di Desa Cipari Makmur, Desa Sabintulung dan Desa Sumber Sari.

Dua RT di Desa Sabintulung pun diketahui, berdasarkan data sementara, lebih dari 20 unit rumah terendam banjir. Masing-masing di RT 9 dan RT 10. Banjir pun diketahui mencapai orang dewasa, atau sekitar 1,3 meter. Evakuasi pun langsung dilakukan warga setempat, untuk menyelamatkan warga yang sakit dan juga anak-anak menggunakan rakit yang terbuat dari drum.

Baca Juga :  Danrem 091/ASN : Cegah Radikalisme dan Penanganan Covid-19

Di Desa Cipari Makmur, hampir 60 persen dilaporkan sudah terendam banjir, sejak selepas Maghrib. Dengan rincian 7 RT yang terdampak. Mengakibatkan 922 jiwa dari 249 Kepala Keluarga (KK) yang merasakan imbasnya. Sedangkan 6 KK harus meninggalkan sementara rumah, dan mengungsi di salah masjid di Desa Cipari Makmur.

“Perlu kebutuhan dasar untuk pengungsi saat ini, dan akan disampaikan kepada Dinas Sosial Kukar,” terang Edy Mardian, Sekretaris BPBD Kukar, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga :  Resmi Jabat Ketua DPC Demokrat Kukar, AFD Langsung Lakukan Persiapan Hadapi Pemilu 2024

Namun yang paling parah, dirasakan oleh warga Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu. Hujan yang terjadi sejak petang, membuat 15 RT harus terendam. Dibanding dua desa sebelumnya, Desa Sumber Sari menyebabkan korban lebih banyak lagi. Mencapai 936 KK dan 3.360 jiwa yang merasakan dampaknya.

“Personil BPBD Kukar sudah kita turunkan ke lokasi,” pungkas Edy.

Koordinasi pun diakui Edy akan segera dilakukan bersama dinas terkait, yaitu Dinas Sosial (Dinsos) Kukar. Memastikan para korban, terlebih yang mengungsi dapat segera disalurkan bantuan dari Pemkab Kukar.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

111 Guru Honorer di Kukar Resmi Diangkat Menjadi PPPK

Uncategorized

Danrem 091/ASN : Cegah Radikalisme dan Penanganan Covid-19

Uncategorized

Rumah Cokelat Binaan PT MHU, Sukses Hasilkan Produk Berkualitas dan Halal

Uncategorized

Rendi Solihin Tinjau Pembangunan Infrastruktur di Loa Kulu

Advertorial

Pemkab Kukar Hadiri Rakor Administrasi Pembangunan se-Kaltim

Uncategorized

Resmi Jabat Ketua DPC Demokrat Kukar, AFD Langsung Lakukan Persiapan Hadapi Pemilu 2024

Advertorial

Disdikbud Diimbau Respon Cepat dan Positif Program PGP

Serba Serbi

KORMI Kukar Gelar Turnament Olahraga Tradisional untuk Kesiapan Atlet di Fornas 2022