Home / Advertorial / Pemerintah

Selasa, 4 April 2023 - 17:57 WIB

Bantuan Fasilitas Bagi 25 Ribu Nelayan Program Prioritas Pemkab Kukar

Perahu bantuan dari DKP Kukar

Perahu bantuan dari DKP Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com –   25 ribu nelayan dan pembudidaya aktif mendapat bantuan sejumlah fasilitas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

Bantuan ini merupakan salah satu program dari visi misi Kukar Idaman, yang telah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Melalui program ini, para nelayan di Kukar mendapatkan berbagai fasilitas alat tangkap ikan. Mulai dari jaring ikan, perahu hingga mesin penggeraknya. Hal itu tentu membawa angin segar bagi para nelayan di Kukar. Sebab, bantuan fasilitas tersebut tentu berpengaruh terhadap peningkatan hasil nelayan.

Program yang juga menyasar kepada pembudidaya ini juga diyakini berdampak besar terhadap kualitas dan hasil produksi ikan. Apalagi pakan dan bibit ikan yang diberikan kepada pembudidaya mempunyai kualitas.

Dalam dua tahun terakhir, sebanyak ratusan pembudidaya ikan di Kukar sudah menikmati program yang telah masuk di dalam RPJM 2021-2026 ini. Pada tahun 2021 tercatat sebanyak 84 kelompok pembudidaya ikan yang menerima manfaat dari program tersebut.

Berbagai jenis bantuan yang disalurkan pada waktu itu, diantaranya pakan ikan, kolam terpal dan bermacam jenis bibit ikan. Pada tahun 2021 itu, Pemkab Kukar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) juga menyalurkan bantuan 494 unit mesin perahu, 470 unit mesin kapal, 114 perahu kecil, 16 kapal, 237 cool box dan 2.100 jaring kepada nelayan di Kukar. Bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) 2021, dengan nilai sebesar Rp23 miliar.

Baca Juga :  BPS Kukar Sedang Melakukan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi Masyarakat

Di tahun 2022, bantuan disalurkan kepada 217 kelompok pembudidaya ikan 118 kelompok nelayan. Bentuk bantuan yang diberikan pun sama seperti di tahun 2021. Hanya saja anggarannya lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp26.546.602.800 miliar.

Kepala Dinas (Kadis) DKP Kukar, Muslik mengatakan, Pemkab Kukar telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp219 miliar untuk program bantuan fasilitas nelayan dan pembudidaya ikan pada tahun 2023 ini. Dari catatan DKP Kuakar, bantuan tersebut akan disalurkan kepada 118 Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan 300 Pokdakan yang tersebar di Kabupaten Kukar. Berbagai jenis bantuan alat tangkap ikan nantinya akan disalurkan kepada kelompok tersebut.

“5.780 unit sarana produksi budidaya disalurkan, seperti benih ikan, benih udang, induk ikan unggul, pakan ikan, keramba, kolam terpal dan bioflok. Kemudian Mesin ketinting sebanyak 968 unit, mesin diesel 783 unit, 1.250 cool box, 333 unit perahu fiber, kawat tempirai 15.980 rol, 1.700 jill net, 1.500 trammel, dua unit kapal nelayan dan dua unit pursein,” kata Muslik.

Baca Juga :  Dinas PU Kukar Fokuskan Pembangunan Infrstruktur Penyediaan Air Untuk Pertanian

Para nelayan dan pembudidaya ikan ini tidak hanya mendapat bantuan penunjang fasilitas saja. Tapi Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar juga membekali mereka dengan berbagai pelatihan-pelatihan.

“Yaitu pelatihan perbaikan mesin kapal, pembuatan perahu fiber, peningkatan kelas kelompok nelayan dan pembuatan badan hukum untuk kelompok nelayan.

Selain mensejahterakan nelayan dan pembudidaya ikan, program ini juga bisa mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim). Bahkan, dari catatan Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, jumlah produksi ikan yang dihasilkan oleh Kabupaten Kukar mencapai 200 ribu ton setiap tahunnya. Hal itu pun menjadikan Kukar penyuplai ikan utama di wilayah Kaltim.

“Wajar Bupati berkeinginan untuk menjadikan Kukar bagian dari lumbung pangan, karena Kukar mampu memenuhi kebutuhan ikan sebanyak 60 persen untuk Kaltim,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kutim Tegaskan Pentingnya Pengarahan Terkait Program Pokir dan Usulan

Advertorial

Puluhan Guru SMP di Kukar Ikuti UKKJ yang Digelar Disdikbud

Advertorial

Kembangkan Kreativitas Siswa, SDN 018 Tenggarong Seberang Perkuat Ekskul Seni Tari

Advertorial

Disdikbud dan TACB Kukar Menggelar Sidang Penetapan Objek Cagar Budaya Peringkat Kabupaten

Pemerintah

Bupati Kukar Protes BRI Tenggarong Terkait Bansos yang Belum Tersalurkan

Advertorial

Tunjangan Ketua dan Anggota BPD di Kukar akan Dinaikkan 65 Persen

Advertorial

Anggota DPRD Kaltim Soroti Masih Ada 14 Desa Tertinggal di Kubar dan Mahulu

Advertorial

Ringankan Beban Masyarakat, Wakil Ketua II DPRD Kutim Apresiasi Operasi Pasar Murah di Bengalon