Home / Advertorial / Pemerintah

Rabu, 9 November 2022 - 15:06 WIB

Bupati Edi Damansyah Minta OPD di Kukar Perbaiki Proses Administrasi

Edi Damansyah - Bupati Kukar

Edi Damansyah - Bupati Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menegaskan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kukar agar dapat memperkuat administrasi, memperkuat pengendalian internal, dan mengefektifkan konsolidasi internal.

Kemudian bupati juga meminta agar OPD memperkuat pemahaman regulasi dan dokumen teknis, meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bekerjasama dengan para ahli/akademisi dalam hal tersebut.

Lalu, OPD dan stakeholder terkait juga diminta untuk berkoordinasi efektif, dengan memperkuat kolaborasi, memperkuat strategi dan merumuskan solusi penyelasaian masalah secara dini.

Edi meyebutkan, hal yang diperbaiki yakni persoalan internal, diantaranya proses administrasi harus dipercepat, menurutnya Pimpinan OPD harus memperbaiki masalah realisasi kegiatan fisik.

Baca Juga :  DPRD Kaltim Menggelar Rapat Paripurna ke-19, dengan Agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi

“Jalankan SOP (standar operasional prosedur) dengan baik dan benar, akui kelemahan dan perbaiki, jaga etika birokrasi, jangan saling melempar kelemahan, mari sama-sama kita perbaiki ini,” tegasnya.

Selanjutnya, Bupati meminta Kepala OPD untuk mengidentifikasi keberhasilan dampak kegiatan masing-masing yang telah dilakukan, yakni dalam hal penanggulangan kemiskinan harus fokus pada pengurangan kemiskinan ekstrim.

Terkait pertumbuhan dan pemerataan, agar berupaya untuk peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan indeks infrastruktur. Sedangkan untuk daya saing daerah, agar bersama-sama berupaya meningkatkan kulaitas pembangunan daerah. serta dalam menciptakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, hal tersebut terkait dengan mengoptimalkan potensi daerah yang ada.

Baca Juga :  Bupati Kukar Bagikan Alat Tangkap Ikan dan Mesin Ketinting di Desa Melintang

Selain itu, Bupati juga meminta perbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran, yang tetap berpegang pada prinsip efektif dan efisien. Untuk itu, Edi meminta agar dilakukan analisis manfaat dengan mengkaji dan memastikan kegiatan dapat dijalankan dengan optimal.

Hal tersebut didukung dengan peneleaahan teknis dan sumber daya, maka lakukan pemetaan dan jalin komunikasi dengan stakeholder yang terlibat. Serta, penyusunan anggaran juga harus sesuai dengan kebijakan nasional dan daerah.

“Kelemahan tahun ini sama-sama kita perbaiki, jadi tak terjadi di tahun 2023, mari kita saling mengingatkan untuk perbaikan,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Kembangkan Pariwisata, Pokdarwis Dewi Arum Desa Sumber Sari Dapat Bantuan Sepeda Lipat dan Tenda Camping

Advertorial

DKP Kukar Salurkan Bantuan 50 Ribu Bibit Ikan dan Pakan ke Poktan Tenggarong Seberang

Advertorial

SDN 018 Tenggarong Telah Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Sejak Tahun 2022

Advertorial

PT MHU dan MMS Grup Indonesia Kembali Meraih Penghargaan Top CSR Award 2023

Advertorial

Jaring Pemain Berbakat, Disdikbud Kutim Gelar Festival Sepak Bola MBC 2023

Pemerintah

TIFAF 2022 akan Digelar Juli, Didukung Langsung Kemeparekraf RI

Advertorial

Pemkab Kukar Akan Melakukan Penunjukan 4 Pj Kepala Desa dari Kalangan ASN

Advertorial

Dorong Tumbuh Kembang Peserta Didik, SMPN 6 Tenggarong Sudah Memiliki Guru Penggerak