Home / Pemerintah

Kamis, 2 Desember 2021 - 13:43 WIB

Bupati Kukar Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Kepada Warga Samboja

EKSPOSISI.COM, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis sertifikat kepemilikan atas tanah dan bangunan kepada 10 orang perwakilan masyarakat Kelurahan Amborawang Darat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Amborawang Darat, Rabu (1/12/2021).

Hadir dalam acara tersebut kepala Badan Pertanahan Kukar Aag Nugraha, kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sutikno, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Muslik, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan M Taufik, Camat Samboja Burhanudin, Sekcam Samboja M Damsyik dan, Lurah Amborawang Darat Surianto.

Edi Damansyah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kantor Pertanahan Kukar karena program pemerintah melalui program Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berjalan baik di Kukar, khususnya di Kecamatan Samboja.

Baca Juga :  Ketua Komisi I DPRD Kaltim Sebut Program PTSL Belum Terlaksana Secara Optimal

“Hari ini, sertifikat yang akan kita serahkan sebanyak 385 sertifikat, bapak ibu tidak ada yang dipungut biaya kan?,” ujar Edi.

Tujuan program PTSL yang pertama yaitu memberikan legalitas kepemilikan tanah kepada masyarakat. Jika selama ini belum dilindungi dengan dokumen yang lengkap, maka negara melalui program PTSL ini memberikan kepastian dan legalitas kepemilikan lahan masyarakat untuk melindungi hak-haknya. Tujuan yang kedua tambahnya untuk memberikan dukungan akses permodalan.

“Jadi seandainya bapak ibu mau berusaha dan memerlukan modal sertifikat ini bisa dijadikan agunan atau jaminan,” tambahnya.

Baca Juga :  Puluhan Ribu Warga Padati Stadion Aji Imbut pada Malam Puncak, Kukar Land Festival 2023 Dapat Apresiasi Positif

Sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Pertanahan, adanya proses yang namanya bea perolehan atas tanah dan bangunan atau disebut BPATB, Edi mengingatkan akan adanya kewajiban bagi penerima sertifikat untuk membayar BPATB tersebut.

“Jadi setelah ini masih adanya kewajiban yang resmi kepada negara yaitu pembayaran BPATB, ini resmi tidak bisa dikurangi atau ditambah,” jelasnya.

Edi berjanji akan mengawal kegiatan ini, karena masih akan dilaksanakan di beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara. Ia pun menargetkan semua akan selesai di tahun 2021.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Komisi IV DPRD Kukar Kunjungi Kutim, Bahas Penanganan Kemiskinan Daerah

Advertorial

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid Membacakan Teks Proklamasi Dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 RI

Pemerintah

MPP Kukar, Terobosan Edi-Rendi Ciptakan Pelayanan Maksimal Bagi Masyarakat

Advertorial

Desa Purwajaya Utamakan Peningkatan Infrastruktur Sesuai yang Tercantum Dalam RPJMD

Advertorial

Pelantikan 86 Calon Kepala Desa Terpilih Ditunda Kerena Penyesuaian Akhir Masa Jabatan Kades Terdahulu

Advertorial

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Peningkatan Budaya Literasi di Masyarakat

Advertorial

Ketua DPRD Kaltim Berharap Penyaluran Dana Bisa Merata ke Daerah, Terutama Sektor Pendidikan

Advertorial

Siang Geah Menghadiri Deklarasi Relawan GAMA Kutim