Home / Advertorial / Pemerintah / Pendidikan-Kesehatan

Senin, 23 Oktober 2023 - 21:17 WIB

Disdikbud Kukar Terus Berupaya Melestarikan Bahasa Kutai Sebagai Bagian dari Kebudayaan

Ilustrasi suasana belajar mengajar di sekolah (istimewa)

Ilustrasi suasana belajar mengajar di sekolah (istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya melestarikan bahasa Kutai.  Sebab, bahasa Kutai merupakan salah satu bagian dari kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Kukar.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Aprilian Noor melalui Pamong Budaya Ahli Muda, Pembinaan Sejarah Lokal dan Pelestarian Budaya Daerah, Disdikbud Kukar, M Agus Syarifudin mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan Disdikbud Kukar yakni menjalin kerja sama dengan kantor bahasa Kalimantan Timur (Kaltim) dalam upaya melestarikan bahasa dan sastra daerah.

“Ini sudah menjadi agenda tetap kita, selama dua tahun ini kita sudah lakukan revitalisasi. Kita juga sudah mencoba mengimplementasikannya melalui SK Bupati, Perbup dan Perda tentang penguatan Bahasa Kutai,” kata M Agus Syarifudin.

Baca Juga :  Pertama Kali ke Indonesia Sejak Dinobatkan Sebagai Kaisar Jepang, Sejumlah Tempat akan Didatangi Hironomiya Naruhito

Ia menjelaskan, bahasa Kutai saat ini juga sudah menjadi muatan lokal di satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mengingat kamus dan silabus untuk bahasa Kutai juga sudah dimiliki dan sudah menjadi pilot project pelaksanaannya beberapa sekolah sejak tahun lalu.

“Memang masih ada sedikit kendala karena belum semua guru atau tenaga pendidik mendapatkan pelatihan. Tapi kita sudah kerjasama dengan kantor Bahasa Kaltim untuk memberikan pelatihan kepada para guru,” jelasnya.

Baca Juga :  Terapkan Sekolah Berbasis Lingkungan, SDN 019 Tenggarong Berhasil Raih Adiwiyata Tingkat Provinsi

Dengan pelatihan bagi para guru/tenaga pendidik yang dilakukan bersama dengan Kantor Bahasa Kaltim. Diharapkan bisa implementasi penguatan bahasa Kutai di satuan jenjang pendidikan sudah bisa dijalankan secara maksimal.

Bahasa Kutai menjadi salah satu dari empat bahasa di Kaltim yang sudah direvitalisasi. Yakni, bahasa Melayu, Dayak Kenyah, Paser dan bahasa Kutai. Ditambah satu bahasa dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yakni bahasa Bulungan. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Jabat Kepala Dinas PU Kukar, Wiyono Siap Kawal Pembangunan di Daerah

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Minta Bankaltimtara Mensosialisasikan dan Mempermudah Kredit Kukar Idaman

Advertorial

Pokdarwis Muara Muntai Ulu Tawarkan Pengalaman Menyusuri Sungai Mahakam Bagi Wisatawan

Advertorial

Bupati Berharap IDI Kukar Mengoptimalkan Tugasnya untuk Mengabdi ke Masyarakat

Advertorial

Lurah Maluhu Terima Kunjungan Kepala Desa Jantur, Tukar Informasi Terkait Program Karang Taruna

Advertorial

Diskominfo Staper Kutim Gelar Rakor Penerapan Smart City

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Harapkan Pengesahan Perda Retribusi dan Perpajakan Menjadi Acuan Meningkatkan PAD

Advertorial

Pertahankan Juara Umum, Kelurahan Timbau Persiapkan Kafilah MTQ Tingkat Kecamatan