Home / Pemerintah / Serba Serbi

Minggu, 24 September 2023 - 16:58 WIB

Erau Adat Pelas Benua 2023 Resmi Dibuka, Usung Tema Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Dan Tradisi Budaya

Bupati Kukar, Edi Damansyah saat memberikan sambutan pada Acara Pembukaan Erau Adat Pelas Benua

Bupati Kukar, Edi Damansyah saat memberikan sambutan pada Acara Pembukaan Erau Adat Pelas Benua

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2023 dengan tema “Semangat IKN Nusantara Menjaga Adat Dan Tradisi Budaya” resmi dibuka, di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Minggu (24/9/2023).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pembacaan titah oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad  Arifin.

Acara pembukaan tersebut diawali dengan pergelaran kirab budaya yang terdiri dari 20 kecamatan yang ada di Kukar serta organisasi kemasyarakatan dan paguyuban di Kukar.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan ritual penyulutan Api Brong (Bor khas Kutai), oleh unsur Forkopimda yang hadir dan disaksikan langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammmad Arifin.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan Erau berasal dari kata “Eroh” yang berarti ramai, riuh, dan penuh suka cita, yang mana Erau pada prinsipnya adalah pesta adat kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang dilaksanakan untuk memberikan hiburan kepada rakyat Kutai Kartanegara dan sekitarnya, serta dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tenggarong ke-241.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Kukar menggelar RDP Bahas Upaya Peningkatan PAD Melalui Aktivitas Tunda dan Pandu di Muara Muntai

Ia menjelaskan, pelaksanaan Erau merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bersama Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura terhadap pelestarian adat lawas Kutai Kartanegara yang menjadi salah satu identitas sosial untuk mempersatukan setiap subkultur masyarakat yang ada.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak, semoga ini menjadi bagian dari kerja bersama kita untuk menjaga tradisi dan budaya leluhur kita di tanah Kutai di Kabupaten Kutai Kartanegara,” ucap Edi Damansyah.

Baca Juga :  Delegasi Perdagangan dan Bisnis dari Brunei dan China Kunjungi Pemkab Kukar

Edi Damansyah juga mengapresiasi seluruh masyarakat Kukar yang telah hadir menyaksikan pembukaan Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara, dimana dirinya pada kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk datang beramai-ramai menyaksikan setiap pentas seni pertunjukan dipanggung-panggung pentas seni yang telah disiapkan oleh pihak panitia penyelenggara Erau Adat Pelas Benua Kutai Kartanegara tahun 2023.

“Dalam waktu sepekan kedepan ini, kami mengundang dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hadir bersama-sama, menyaksikan dititik-titik tempat pentas terbuka, tampilan-tampilan seni budaya yang ada di 20 kecamatan diwilayah Kabupaten Kukar,” pungkasnya. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pelatih dan Tim Official Cabor Berprestasi di Porprov ke-VII akan Diberikan Bonus Oleh Pemkab Kukar

Advertorial

Pemkab Kukar Hibahkan Tanah kepada Kemenkum HAM RI untuk Perluasan Lapas Perempuan dan Anak

Advertorial

Bupati Kukar Membuka Lorong Pasar Ramadan yang Dipusatkan di Masjid Agung Sultan Sulaiman

Advertorial

Direktur RSUD Muara Bengkal Resmi Dilantik Bupati Kutim

Advertorial

DPRD Kukar Menggelar Rapat Paripurna Rancangan Perubahan KUA-PPAS 2023

Advertorial

Sekda Kukar Melepas Kirab Drumband GSCL Latsitarda Nusantara 2024

Advertorial

Dishub Kukar Targetkan PAD Tahun 2023 Sebesar Rp3,3 Miliar

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kutim Apresiasi Gelaran Turnamen Bola Voli Bertajuk Bupati Cup