Home / Infrastruktur / Pemerintah

Selasa, 4 Juli 2023 - 18:14 WIB

Gubernur Isran Noor Resmikan Jembatan Senilai Rp177 Miliar di Kukar

KALIMANTAN TIMUR, eksposisi.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meresmikan jembatan hibah dari perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resource yang dibangun dengan nilai Rp177 miliar, untuk mempercepat akses masyarakat baik dari sisi ekonomi, sosial, dan lainnya.

“Jembatan yang saya resmikan hari ini merupakan jembatan kembar yang panjangnya kedua setelah Jembatan Mahakam di Kota Samarinda,” ujar Isran Noor.

Sebelum jembatan ini dibangun, warga dari Tabang ke Kota Bangun, bahkan ke Muara Pahu atau sebaliknya harus melewati sungai atau untuk kendaraan darat harus naik kapal feri dulu, namun kini biaya ongkos angkut dapat dipangkas karena tinggal melintasi jembatan tersebut.

Baca Juga :  Hearing DPRD Kutai Timur Menindaklanjuti Sengketa Lahan Desa Pengadan

Kondisi ini tentu sangat menguntungkan bagi masyarakat karena komoditas hasil pertanian warga dapat dijual ke luar kecamatan maupun ke luar daerah dengan biaya angkutan lebih murah. Sebaliknya, barang dari luar yang dibutuhkan warga setempat juga harganya bisa turun karena ongkos angkutnya dapat ditekan.

“Atas adanya Jembatan Belayan ini, pertama kali saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat di sekitar tambang, karena tanpa adanya aspirasi masyarakat, maka jembatan ini tidak mungkin dibangun,” katanya.

Baca Juga :  Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Soroti Sejumlah Aset Pemprov yang Tidak Terurus

Ia menyampaikan kepada manajemen PT Bayan Resource yang mengeluarkan anggaran senilai Rp177 miliar untuk pembangunan jembatan. Serta, kepada PT Fajar Sakti Prima kontraktor yang telah membangun Jembatan Belayan, bahkan bukan hanya satu jembatan ini, tapi total ada tujuh jembatan publik yang dibangun sejak 2021 hingga sekarang.

“Keberadaan jembatan ini sangat strategis karena bukan hanya untuk menghubungkan antar-kecamatan atau untuk warga sekitar, tapi juga untuk menghubungkan tiga kabupaten di Kaltim, yakni Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Kutai Timur melalui Kecamatan Senyiur,” pungkasnya. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Pemdes Jantur Kunjungi Kelurahan Maluhu Diskusi Terkait Karang Taruna

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Sebut Tugas Dewan Memang Seharusnya Melayani Masyarakat

Advertorial

DLH Kutim Melakukan Pemeriksaan Dugaan Pelanggaran Lingkungan Akibat Proyek Pembangunan Pelabuhan

Advertorial

Bupati Kukar Serahkan Penghargaan kepada 30 Desa Berstatus Mandiri

Advertorial

Dishub Kukar akan Menambah Armada Angkutan Umum Tenggarong-Tabang

Advertorial

Pemkab Kukar Berencana Berikan Tunjangan ASN Dalam Bentuk Beras

Advertorial

Fraksi Nasdem DPRD Kutim Mengingatkan Pentingnya Transparansi Keuangan

Pemerintah

Bupati Kukar Bagikan Alat Tangkap Ikan dan Mesin Ketinting di Desa Melintang