Home / Infrastruktur / Pemerintah / Politik

Rabu, 5 Juli 2023 - 09:28 WIB

Gubernur Isran Noor Dorong Perusahaan Membantu Bangun Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Sekitar Wilayah Operasi

KALIMANTAN TIMUR, eksposisi.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengingatkan kepada perusahaan yang beroperasi di wilayah Kaltim untuk membantu program pemerintah daerah (Pemda) membangun rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu, khususnya di wilayah sekitar perusahaan.

“Perusahaan yang beroperasi di Kaltim, tolong dialokasikan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Kita bukan minta uang, tapi dana CSR untuk bangun rumah layak huni,” kata Isran Noor.

Isran menyebut seruan partisipasi program sosial ini bukan hanya ditujukan kepada perusahaan tambang batu bara dan migas saja. Namun perusahaan lain yang memiliki keuntungan besar dari bisnis mereka di Kaltim wajib mengalokasikan dana CSR, salah satunya membangun rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu.

Baca Juga :  Bupati Kukar Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Pra Sejahtera di Kecamatan Sebulu

Gubernur lantas menyebut salah satu bank pemerintah nasional yang memiliki banyak keuntungan di Kaltim hingga saat ini belum mewujudkan kontribusinya.

“Padahal BPD perbankan yang masih kecil saja bisa membangun 50 unit. Tapi justru bank besar belum ada kontribusi,” sindirnya.

Isran memberikan apresiasi kepada perusahaan di Kaltim yang telah berkontribusi dalam program sosial kemasyarakatan, salah satunya yakni PT Bayan Group.

“Harus diberikan apresiasi karena Bayan Grup sudah banyak bantuannya. Ada rumah layak huni, ada jalan, ada jembatan, pendidikan dan masih banyak yang lainnya,” tambah Gubernur.

Sementara itu Kepala Badan Pengelola Rumah Layak Huni (BPRLH) M Taufik Fauzi mengungkapkan secara keseluruhan dari tahun 2022 hingga 2024 Pemprov Kaltim bekerja sama dengan Kodam VI Mulawarman akan membangun sebanyak 508 rumah layak huni dari dana CSR. Tiap rumah layak huni dibangun dengan anggaran Rp115 juta.

Baca Juga :  Dinas PU Kukar Benahi Drainase di Sejumlah Desa dan Kelurahan di Tenggarong

Ia menguraikan, pada tahun 2022 sudah terbangun 221 unit rumah layak huni di 8 kabupaten dan kota. Lalu pada tahun 2023 sudah terbangun 27 unit, dari 90 unit rumah layak huni yang akan dibangun.

“Kita harapkan tahun 2024 target 508 unit rumah layak huni tercapai, termasuk di Berau dan Mahakam Ulu,” pungkasnya. (adm)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

DPRD dan Pemprov Kaltim Sahkan APBD 2024 Sebesar Rp20,675 Triliun

Advertorial

Sikapi Dampak Perubahan Iklim, Distanak Imbau Petani Percepat Jadwal Tanam

Advertorial

Dispora Kukar Harap Porprov di Berau Tidak Ditunda

Advertorial

Perbaikan Drainase di Kawasan Stadion Rondong Demang, Diharapkan Atasi Masalah Pertanian di Kelurahan Maluhu

Pemerintah

6 Negara dan 11 Provinsi di Indonesia akan Ramaikan TIFAF 2022

Advertorial

Kepala Dispora Kukar Buka Bupati Cup Mini Soccer antar OPD

Advertorial

SDN 004 Tenggarong Promosikan Produk Unik Hasil Kreativitas Siswa

Infrastruktur

Peringati HUT ke-15, Yonarmed 18/Buritkang Beri Hadiah Perbaikan Poskamling Bagi Masyarakat