Home / Bisnis / Ekonomi / Pemerintah

Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:15 WIB

Gubernur Kaltim Resmikan Pabrik yang Akan Memproduksi 8Ton Semen Pertahun

Gubernur Kalitm Isran Noor saat meresmikan pabrik semen di Kutai Timur

Gubernur Kalitm Isran Noor saat meresmikan pabrik semen di Kutai Timur

KALIMANTAN TIMUR, eksposisi.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meresmikan pabrik semen yang akan memproduksi sebesar 8 juta ton pertahun, yang berlokasi di Desa Selangkau,  Kecamatan Kaliorang, pada  Rabu (23/8/2023).

Rangkaian Upacara prosesi pengapian dilakukan oleh orang nomor satu di Kaltim didampingi para pimpinan PT Kobexindo Cement yakni Wakil Direktur Hongshi Holding Group Guo Chiceng, Direktur Hongshi Regional Indonesia Hu Shuguang, Asisten General Manager Kobexindo Cement Lai Weipeng dan Wakil GM Kobexindo Cement Gong Wei.

Dalam kesempatan tersebut, Isran Noor menyampaikan terimakasih kepada semua pihak karena untuk pertama kalinya dalam perkembangan industri di Kaltim, yaitu Peresmian pabrik semen di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur yang dibangun oleh Investasi Hongshi Holding dari Tiongkok yang bekerjasama dengan PT.Kobexindo Cement.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengapresiasi dan berterima kasih kepada Hongshi Holding dari Tiongkok dan PT.Kobexindo Cement yang berhasil mewujudkan proyek pembangunan Pabrik Semen ini,” ucap Isran Noor

Ia mengatakan kolaborasi ini tidak hanya membawa manfaat ekonomi, tetapi juga menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas infrastruktur, serta membuka peluang bagi pengembangan komunitas di sekitar pabrik ini.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Jelaskan Manfaat Gebyar UMKM, Tingkatkan Pendapatan Pedagang

“Dengan investasi yang signifikan dan visi bersama, Alhamdulillah kita dapat menyaksikan berdirinya pabrik semen ini, dimana pabrik semen ini tidak hanya menjadi simbol pertumbuhan ekonomi, tetapi juga sebagai bukti nyata bahwa kerjasama lintas negara mampu menghasilkan dampak positif yang luar biasa bagi masyarakat,” katanya.

Kemudian, proyek ini mencerminkan semangat kerjasama yang saling menguntungkan, karena pengalaman dan teknologi dari dua negara bergabung untuk mencapai tujuan bersama.

Menurutnya pabrik semen ini tidak hanya akan menjadi pusat produksi yang menghasilkan material penting untuk pembangunan, tetapi juga akan memberikan peluang bagi pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat setempat dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja sampai peningkatan perekonomian lokal.

“Kita akan melihat pertumbuhan dalam berbagai sektor terkait, seperti transportasi, logistik dan layanan pendukung lainnya. Dengan segala potensi yang dimilikinya, pabrik semen ini juga memiliki tanggung jawab besar terhadap lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Expo Pesta Adat Erau 2023 Resmi Ditutup, Bupati Kukar Sebut Pelaksanaan Tahun Ini Fokus Libatkan Pegiat Seni Lokal

Selain itu, Gubernur juga menekankan pentingnya pengelolaan yang berkelanjutan, perlindungan lingkungan, serta serta penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam seluruh proses produksi.

“Kita harus memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak mengorbankan alam dan kesejahteraan generasi mendatang, ” tegasnya.

Selain itu berharap Pabrik Semen ini dapat memberikan efek positif bagi masyarakat setempat. Perlu diketahui bahwa Desa Sekerat dan Desa Selangkau merupakan kawasan desa wisata dan salah satu pusat sejarah budaya yang ada di Kaltim.

Oleh karena itu, perusahaan pabrik semen ini dapat turut melaksanakan CSR-nya yang dapat bersentuhan langsung dan memberikan manfaat kepada masyarakat setempat seperti memperbaiki kondisi transportasi diwilayah ini, membangun sekolah dan beasiswa pendidikan, memberikan bantuan kesehatan dan lain sebagainya.

Pemprov Kaltim pun akan terus berkomitmen dan terus mendukung perkembangan industri yang berkelanjutan dan memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di kawasan Kaltim.

“Saya percaya bahwa pabrik semen ini akan menjadi contoh yang menginspirasi bagi proyek-proyek masa depan,” tutupnya. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Jembatan Kutai Kartanegara Akan Dipasang Sensor dan Dilakukan Rehabilitasi

Advertorial

Lima Anggota DPRD Kukar Dilakukan PAW, Sekwan Ungkapkan Masih Ada Satu Pengajuan Lagi

Ekonomi

Wabup Rendi Solihin Ajak Masyarakat Tiru Desa Muara Siran Dalam Hal Pelestarian Lingkungan

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Dorong Pemerintah Segera Atasi Masalah Sampah di Kecamatan Muara Wahau

Advertorial

Mahasiswa Poltekes Kaltim KKN di Kukar, Pemkab Berharap Bisa Bantu Pengentasan Stunting

Advertorial

Dispora Kukar Terus Upayakan Tingkatkan Sarparas Atlet Disabilitas

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Desak Pemkab Tambah Anggaran untuk Pemadam Kebakaran

Advertorial

Sekda Kukar Melepas Kirab GSCL Latsitarda Nusantara 2024