Home / Advertorial / Pemerintah

Kamis, 4 Mei 2023 - 11:26 WIB

Investor Malaysia Lirik Sektor Pertanian, Pemkab Kukar Pastikan akan Mengawal Investasi yang Masuk

Edi damansyah - Bupati Kukar

Edi damansyah - Bupati Kukar

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) kedatangan investor dari Malaysia, yang melirik sektor hilirisasi pertanian.

Investor tersebut tertarik berinvestasi di Kabupaten Kukar di sektor pertanian dalam arti luas. Serta, material, logistik dan sektor pertambangan. Pemkab Kukar memastikan akan mengawal investasi-investasi yang telah masuk di daerah ini.

“Kadin bisa terlibat langsung menarik investor agar mau berinvestasi di Kukar. Mudah-mudahan ini jadi titik balik dan kebangkitan investasi di Kukar,” ujar Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Ia meyakini dengan masuknya para investasi di Kukar, ekonomi di daerah pun akan bertumbuh pesat. Terlebih lagi, Pemkab Kukar juga telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengoptimalisasi peluang investasi di tahun 2023.

Baca Juga :  Dorong Percepatan Penerapan SPBE di OPD, Kadiskominfo Kukar Buat Terobosan Baru Bernama LOBI KU

“Saya sangat optimis Kukar bisa menggaet banyak investasi dari dalam maupun luar negeri, dengan target market yang besar. Apalagi kita ini menjadi daerah mitra Ibu Kota Nusantara (IKN),” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar, Bambang Arwanto, mengatakan, bahwa pada tahun 2022 lalu, pihaknya berhasil merealisasikan investasi dari target Rp3 triliun menjadi Rp9 triliun. Sektor tambang menjadi penyumbang investasi terbesar dengan persentase 58 persen. Kemudian bidang infrastruktur 20 persen dan pertanian 14 persen. Sisanya, di sektor lainya. Padahal, pada tahun 2022 lalu masih dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Safari Ramadan ke Kembang Janggut, Wabup Kukar Tegaskan Konektivitas Antar Wilayah Jadi Prioritas Pemkab Kukar

“Karena memang banyak dikuasai oleh sektor SDA dan SDA memang tidak jatuh (persentasenya) pada masa pandemi Covid-19, justru meningkat,” kata Bambang.

Melihat perkembangan tersebut, pada tahun 2023 ini pihaknya menaikan target investasi menjadi Rp10 triliun. Ia pun berharap target tersebut bisa tercapai. Sebagaimana telah diketahui, realisasi investasi Rp9,78 triliun yang dicapai DPMTSP Kukar diperoleh dari 227 investor, dengan serapan tenaga kerja domestik sebanyak 8.802 orang dan 52 tenaga kerja asing. Melihat data tersebut, Pemkab Kukar meyakini dengan kondusivitas iklim investasi di Kukar, investor akan semakin tertarik.

“Mudah-mudahan target kita kali ini juga bisa tercapai seperti tahun lalu,” pungkasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

BAZNAZ Kukar Jemput Bola untuk Menyalurkan Amanah kepada Lansia di Muara Muntai

Advertorial

Kutim Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Kaltim

Advertorial

Bupati Edi Damansyah Minta Bankaltimtara Mensosialisasikan dan Mempermudah Kredit Kukar Idaman

Advertorial

Ketua DPRD Kukar Minta Pemkab Realisasikan Seragam Gratis Bagi Pelajar

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Ingin Mengedepankan Etika Berpolitik Sebagai Perwakilan Perempuan

Advertorial

Pemusatan Latihan Kafilah MTQ Kukar Resmi Berakhir

Advertorial

BPBD Kutim Gelar Pendampingan Petugas JITUPASNA dan R3P

Advertorial

RSUD AM Parikesit Tambah Gedung Baru, Anggaran Pembangunan Mencapai Rp164 Miliar