Home / Pemerintah

Sabtu, 2 Juli 2022 - 13:35 WIB

Kemendagri RI Siapkan Sistem KTP Digital

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) telah mempersiapkan sistem penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital bagi masyarakat Indonesia. Saat ini uji coba beralihnya penggunaan KTP elektronik ke KTP digital itu sudah mulai dilakukan di Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar, Muhammad Iryanto, mengatakan, uji coba penerapan KTP digital itu sudah berjalan satu bulan. Namun, uji coba tersebut khusus diberlakukan kepada pegawai Disdukcapil Kukar. Jika nantinya uji coba penerapan aplikasi digital id ini berjalan dengan baik dan sistem penggunannya tidak ada kendala, maka selanjutnya akan diterapkan secara bertahap kepada masyarakat luas.

Baca Juga :  Sekda Kukar Menjadi Komisi Pembimbing pada Sidang Promosi Terbuka Program Doktoral Pascasarjana IPB

“Kita lakukan uji fungsi dulu apa kendalanya, apa masalahnya. Setelah diperbaiki sistemnya baru nanti akan di launching ke masyarakat luas, itupun bertahap,” ujar Iryanto.

Namun, untuk tahap awal penggunaan kartu identitas dengan sistem digital ini diprioritaskan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kukar. Berikutnya diterapkan kepada mahasiswa perguruan tinggi di Kukar, termasuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sudah berusia 17 tahun.

Ia juga menjelaskan, Luas wilayah Kabupaten Kukar terbilang cukup luas dan terdapat beberapa desa yang daerahnya terisolir. Sehingga, tidak bisa mengakses jaringan internet atau blakspot. Maka, bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut masih bisa menerapkan penggunaan KTP elektornik.

Baca Juga :  DPRD Kutim Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Kecamatan Sangatta Selatan

Artinya, transisi ini tidak menghapuskan sistem penggunaan KTP dalam bentuk fisik. Hanya saja, memindahkan KTP eloktronik ke dalam telepon genggam yang berbentuk aplikasi.

“Karena kita memahai di Kukar ini ada warga yang tinggal di pedalaman yang terbatas akses internetnya. Sehingga, dia membutuhkan KTP manual. Sementara yang digital itukan harus didukung internet yang lancar, karena di buka handphoen dia harus terkoneksi dengan internet,” jelasnya.

Rencananya penerapan KTP dengan format digital akan diberlakukan tahun 2022 ini, setelah aplikasi digital id sudah siap untuk digunakan.

“Makanya ini tahapan perbaikan-perbaikan kita jalan terus, nanti sudah sempurna baru di launching,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Gubernur Kaltim Tinjau Pembangunan Infrastruktur di Kukar

Infrastruktur

Jalan Wilayah Perbatasan Rusak Parah, Wakil Bupati Mahulu Harapkan Perhatian Pemerintah Pusat

Advertorial

Fraksi Partai Nasdem Kutim, Soroti Keadilan Sosial dan Aksesbilitas Ekonomi Pedesaan dalam Rancangan APBD 2024

Advertorial

Dinas PU Kukar Bangun Sapras Pendukung Sektor Pertanian di Kecamatan Marangkayu

Advertorial

Infrastruktur Jalan Antar Kecamatan di Kukar Terus Ditingkatkan

Pemerintah

Dukung IKN di Kaltim, Ahli Waris Tiga Pilar Kesultanan Kutai Bawa Air dan Tanah untuk Kendi Nusantara

Advertorial

Disperindag Kukar Mengikuti Gerakan Pangan Murah, Berbagai Macam Bahan Pokok Disiapkan

Advertorial

Mengulur Naga dan Belimbur Jadi Puncak Pesta Adat Erau 2023, Bupati Kukar Minta Masyarakat Junjung Tinggi Marwah Adat