Home / Pemerintah / Serba Serbi

Rabu, 13 September 2023 - 15:08 WIB

Pemkab Kukar Raih Penghargaan Beruntun, Bukti Kerja Keras Edi-Rendi dan Jajaran

Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati Rendi Solihin saat menerima penghargaan

Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati Rendi Solihin saat menerima penghargaan

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Penghargaan demi penghargaan diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) atas berbagai inovasi dan kemajuan di di daedrah yang menyandang predikat kabupaten terkaya di Indonesia.

Dalam dua bulan terakhir, setidaknya ada tiga penghargaan bergengsi yang diterima Pemkab Kukar.

Penghargaan diberikan dalam berbagai sektor, seperti berkaitan dengan perekonomian, hingga inovasi yang ditelurkan melalui program pemerintah.

Banyak pihak yang menilai, di era kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin, sebagai bupati dan wakil bupati, Kukar mengalami perkembangan pesat.

Tidak hanya itu saja, Kukar semakin menasional dan mendunia berkat berbagai kegiatan, maupun program-program pemerintah.

Penghargaan-penghargaan tersebut semakin mengukuhkan predikat Kukar sebagai kabupaten terkaya di Indonesia.

Tidak hanya kaya sumber daya alam, namun Kukar juga kaya sumber daya manusia berkualitas, serta kaya akan inovasi-inovasi dan menjadikan wilayah seluas 27.263 Km persegi ini sejajar dengan kabupaten/kota besar lainnya di Indonesia.

Berikut ini deretan penghargaan yang diraih Pemkab Kukar dalam dua bulan terakhir:

Inovatif untuk Negeri (Merdeka Awards 2023)

Penghargaan dari portal berita merdeka.com diterima Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin di Auditorium SCTV Tower, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023) malam.

Usai penganugerahan, Rendi menyampaikan apresiasi kepada semua unsur masyarakat mulai dari tingkat rukun tetangga (RT), desa, kecamatan hingga kabupaten yang telah terlibat dan berperan serta dalam menyukseskan program-program inovatif daerah selama ini.

Meski bukan termasuk penghargaan yang pertama, menurut Rendi, keberhasilan kali ini tentunya merupakan sebuah kebanggaan bagi seluruh warga Kukar.

“Ini suatu prestasi tersendiri, suatu kebanggaan tersendiri untuk masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar), termasuk stakeholder yang terlibat langsung dalam pembentukan inovasi,” tuturnya.

Keberhasilan Kukar meraih penghargaan di level nasional ini tak lepas dari inisiatif Pemkab dalam mendukung setiap inovasi yang dicetuskan masyarakat, mulai dari kalangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), generasi muda, pertanian hingga nelayan.

“Semua harus punya inovasi, masing-masing minimal satu dalam satu tahun, itu program yang kami canangkan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Meriahkan Bulan Suci, Kecamatan Sebulu Menggelar Festival Ramadan Positif

Beruntung, hampir seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kukar memiliki potensi untuk merealisasikan program-program tersebut.

Semisal, pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi kawasan budidaya perikanan, inovasi pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar kendaraan, hingga pengelolaan sampah organik menjadi bahan baku paving blok.

Excellent Award for Strategic Initiative (Indonesia Awards 2023)

Penghargaan Indonesia Awards 2023 diserahkan kepada Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Penghargaan ini masuk ke dalam kategori Excellent Award for Strategic Initiative atas Inisiatif Komite Ekonomi Kreatif (KeKraf) Kutai Kartanegara.

Mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah, Rendi Solihin menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat hingga tercapainya prestasi ini, termasuk kepada Komite Ekonomi Kreatif Kutai Kartanegara.

“Alhamdulillah malam ini kami dari Kutai kartanegara bersama dengan ekonomi kreatif Kutai Kartanegara dan Dinas Pariwisata mendapatkan penghargaan Indonesia Awards Kabupaten Terkreatif versi iNews,” katanya di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Kamis (31/8/2022).

Seperti diketahui, KeKraf Kutai Kartanegara merupakan badan yang dibentuk melalui SK Bupati Nomor 377/SK-BUP/HK/2019 dengan susunan kepengurusan dari unsur-unsur Akademisi, Pelaku Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media (Pentahilix Ekosistem Ekraf).

Tujuannya tentu untuk menguatkan jejaring antarpelaku ekonomi kreatif dan juga mengangkat potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Kukar.

Hal tersebut selaras dengan ditetapkannya Kukar sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia dengan subsektor unggulan di bidang  seni pertunjukkan, seni musik, dan perfilman.

Saat ini, KeKraf Kukar telah membentuk KeKraf Kecamatan di Muara Badak, Sebulu, Tenggarong Seberang, Kota Bangun, Muara Jawa, Sangasanga dan juga Samboja.

Beragam program kerja KeKraf Kukar telah berhasil dilaksanakan dan mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat.

Antara lain, seperti Festival Film Mahakam Pride, Kukar Menari, Tenggarong Creative Festival, Kukar Youth Festival, KeKraf Food Fest, Senandung Mahakam, Festival Kampong Berdaya, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Wakil Ketua DPRD Kutim Apresiasi Gelaran Turnamen Bola Voli Bertajuk Bupati Cup

Selain menghibur masyarakat dan mendorong kreativitas pegiat seni di Kabupaten Kukar, deretan acara ini ini turut membawa perputaran ekonomi bagi para pelaku UMKM daerah, seperti pada acara Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF).

Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik (HUT ke-12 Kompas TV)

Salah satu upaya nyata yang telah dilakukan adalah melalui inovasi Program DiSAPA (Digitalisasi Pelayanan Publik).

Program DiSAPA ini telah diterapkan di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kukar.

Dengan membangun situs web, semua informasi dan layanan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dalam era keterbukaan saat ini.

Inovasi ini mendapat pengakuan tingkat nasional dengan menerima Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik yang diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, dalam acara malam puncak perayaan HUT ke-12 Kompas TV yang bertajuk “Indonesia 12aya”.

Penghargaan untuk keterbukaan informasi publik diberikan kepada lima daerah yang dinilai memberikan kontribusi nyata dalam mendukung keterbukaan informasi publik, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Edi Damansyah menerima Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik ini bersama dengan empat kepala daerah lainnya, yaitu Kabupaten Talaud, Kota Probolinggo, Kabupaten Pulau Taliabu, dan Kabupaten Tapin.

Diketahui, Pemkab Kukar sejak 2021 silam sangat berkomitmen untuk melakukan penyederhanaan birokrasi sekaligus mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Salah satu program dedikasi Kukar Idaman yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 adalah digitalisasi pelayanan publik atau Disapa.

“Lewat program Disapa, kami mendorong seluruh OPD untuk berinovasi mengembangkan aplikasi berbasis web agar masyarakat dapat mengakses layanan publik dengan mudah dan cepat, termasuk melalui PPID mendorong seluruh Badan Publik di tingkat Kabupaten hingga Desa untuk secara transparan dan terbuka menyuguhkan informasi melalui website, media sosial dan pelayanan langsung di Desk Pelayanan PPID,” ungkap Bupati Kukar, Edi Damansyah. (fdl)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Bupati Kukar Serahkan Bantuan Dana Hibah Untuk Pembangunan Masjid Jami di Desa Tuana Tuha

Advertorial

Berusia 24 Tahun, Kabupaten Kutim Dinilai Anggota DPRD Belum Mandiri Secara Fiskal

Advertorial

Safari Ramadan, Bupati Kukar Sahur Bergama Keluarga Besar Muhammadiyah

Advertorial

Staf Kantor Kecamatan Tenggarong Seberang Ikuti Bimtek Penggunaan Aplikasi Becik

Advertorial

Pemkab Kukar Upayakan Petani dan Nelayan Bisa Mendapatkan BBM Bersubsidi dengan Mudah

Advertorial

Wabup Kukar Salurkan Bantuan Kapada Korban Kebakaran di Kelurahan Timbau

Pemerintah

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid Makan Bersama Ribuan Warga Saat Beseprah

Advertorial

Bupati Kukar Berikan Bantuan Paket Sembako di Kelurahan Maluhu